๐โ TIDAK ADA SHALAT RAWATIB (QOBLIYAH) SEBELUM SHALAT JUM’AT โ๐
โPertanyaan:
๐Al Akh M.A.M- dari Al Jazair, dia bertanya: “Apakah ada shalat sunnah qobliah (sebelum) dan ba’diah (sesudah) shalat Jum’at?”
โ๐ป Jawaban:
โ “Tidak ada pada shalat Jum’at shalat sunnah qobliah menurut pendapat yang benar dari para Ulama, akan tetapi disyariatkan bagi seorang muslim ketika ia datang ke masjid agar mengerjakan shalat yang dimudahkan Allah baginya dengan beberapa raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’atnya, berdasarkan sabda Nabi ๏ทบ :
ุตูุงุฉ ุงูููู ูุงูููุงุฑ ู ุซูู ู ุซูู
๐ “Shalat pada malam dan siang hari adalah 2 raka’at – 2 raka’at.”)ยน_ *(H.R Imam Ahmad dan Ahli Sunan dengan sanad yang hasan dan asalnya ada di kitab shahih tanpa penyebutan kata siang hari).”
๐ Karena telah sahih dari Nabi ๏ทบ dalam banyak hadits-haditsnya menunjukkan bahwa yang sesuai syariat bagi seorang muslim adalah ketika ia mendatangi masjid pada hari Jum’at sebelum keluarnya imam agar mengerjakan shalat sesuai apa yang telah Allah anugerahkan kepadanya, dan Nabi ๏ทบ tidak membatasi dengan jumlah raka’at tertentu dalam hal itu. Sehingga apabila ia shalat dengan 2 raka’at atau 4 raka’at atau lebih dari itu, maka semuanya itu baik, dan yang paling sedikitnya dari itu semua adalah shalat 2 raka’at tahiyatul masjid.
โ Adapun shalat sunnah setelah shalat Jum’at, padanya ada sunnah rawatib yang dikerjakan paling sedikit 2 raka’at dan paling banyak 4 raka’at, berdasarkan sabda Nabi ๏ทบ :
ู ู ูุงู ู ููู ู ุตูููุง ุจุนุฏ ุงูุฌู ุนุฉ ูููุตู ุจุนุฏูุง ุฃุฑุจุนูุง
๐ “Barang siapa di antara kamu yang hendak shalat setelah shalat Jum’at maka kerjakanlah setelahnya shalat 4 raka’at.”)ยฒ
๐ Nabi ๏ทบ pun mengerjakan juga shalat Sunnah 2 raka’at setelah shalat Jum’at di rumahnya.”
๐ก “Semoga Allah memberikan Taufiq kepada kita semuanya pada perkara yang diridhoi-Nya.”)ยณ
==============
)ยน Riwayat At Tirmidzi dalam kitab As Sholah, nomer 389,394 dan An Nasa’i dalam kitab Qiyamul Lail nomer 1648
)ยฒ Riwayat Muslim dalam kitab Al Jum’ah nomer 881, At Tirmidzi dalam kitab Al Jum’ah nomer 481 dan Ad Daarimy dalam kitab As Sholah nomer 1575 dan lafadz ini dari riwayatnya.
)ยณ Telah diterbitkan dalam majalah Al Arabiyah edisi Rabi’ul Awwal 1412 H
๐ (Majmu’ Fatawa dan Maqaolat Asy Syaikh Ibnu Baz -rahimahullah- 12/386)
ููุณ ููุฌู ุนุฉ ุณูุฉ ุฑุงุชุจุฉ ูุจููุง
ุณ: ุงูุฃุฎ/ ู . ุน. ู . – ู ู ุงูุฌุฒุงุฆุฑุ ูููู ูู ุณุคุงูู: ูู ูุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ุณูุฉ ูุจููุง ุฃู ุจุนุฏูุงุ
ุฌ: ููุณ ููุฌู
ุนุฉ ุณูุฉ ุฑุงุชุจุฉ ูุจููุง ูู ุฃุตุญ ูููู ุงูุนูู
ุงุกุ ูููู ูุดุฑุน ููู
ุณูู
ุฅุฐุง ุฃุชู ุงูู
ุณุฌุฏ ุฃู ูุตูู ู
ุง ูุณุฑ ุงููู ูู ู
ู ุงูุฑูุนุงุช ูุณูู
ู
ู ูู ุซูุชููุ ูููู ุงููุจู ๏ทบ: ุตูุงุฉ ุงูููู ูุงูููุงุฑ ู
ุซูู ู
ุซูู[1] ุฑูุงู ุงูุฅู
ุงู
ุฃุญู
ุฏ ูุฃูู ุงูุณูู ุจุฅุณูุงุฏ ุญุณูุ ูุฃุตูู ูู ุงูุตุญูุญ ู
ู ุฏูู ุฐูุฑ ุงูููุงุฑ.
ููุฃูู ูุฏ ุตุญ ุนู ุงููุจู ๏ทบ ูู ุฃุญุงุฏูุซ ูุซูุฑุฉ ู
ุง ูุฏู ุนูู ุฃู ุงูู
ุดุฑูุน ููู
ุณูู
ุฅุฐุง ุฃุชู ุงูู
ุณุฌุฏ ููู
ุงูุฌู
ุนุฉ ุฃู ูุตูู ู
ุง ูุณู
ุงููู ูู ูุจู ุฎุฑูุฌ ุงูุฅู
ุงู
ุ ููู
ูุญุฏุฏ ุงููุจู ๏ทบ ุฑูุนุงุช ู
ุญุฏุฏุฉ ูู ุฐููุ ูุฅุฐุง ุตูู ุซูุชูู ุฃู ุฃุฑุจุนูุง ุฃู ุฃูุซุฑ ู
ู ุฐูู ูููู ุญุณูุ ูุฃูู ุฐูู ุฑูุนุชุงู ุชุญูุฉ ุงูู
ุณุฌุฏุ ุฃู
ุง ุจุนุฏูุง ูููุง ุณูุฉ ุฑุงุชุจุฉ ุฃูููุง ุฑูุนุชุงู ูุฃูุซุฑูุง ุฃุฑุจุนุ ูููู ุงููุจู ๏ทบ: ู
ู ูุงู ู
ููู
ู
ุตูููุง ุจุนุฏ ุงูุฌู
ุนุฉ ูููุตู ุจุนุฏูุง ุฃุฑุจุนูุง[2] ููุงู ๏ทบ ูุตูู ุฑูุนุชูู ุจุนุฏ ุงูุฌู
ุนุฉ ูู ุจูุชู.
ููู ุงููู ุงูุฌู
ูุน ูู
ุง ูุฑุถูู[3].
ยน( ุฑูุงู ุงูุชุฑู ุฐู ูู (ุงูุตูุงุฉ) ุจุฑูู (389ุ 394)ุ ูุงููุณุงุฆู ูู (ููุงู ุงูููู) ุจุฑูู (1648).
ยฒ( ุฑูุงู ู ุณูู ูู (ุงูุฌู ุนุฉ) ุจุฑูู (881)ุ ูุงูุชุฑู ุฐู ูู (ุงูุฌู ุนุฉ) ุจุฑูู (481)ุ ูุงูุฏุงุฑู ู ูู (ุงูุตูุงุฉ) ุจุฑูู (1575) ูุงูููุธ ูู.
ยณ( ูุดุฑุช ูู (ุงูู ุฌูุฉ ุงูุนุฑุจูุฉ) ุจุชุงุฑูุฎ ุฑุจูุน ุฃูู 1412 ูู. (ู ุฌู ูุน ูุชุงูู ูู ูุงูุงุช ุงูุดูุฎ ุงุจู ุจุงุฒ 12/ 386).
http://www.binbaz.org.sa/mat/1334
โโโ
๐ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com