⭐ Faedah Tafsir Surat Al-Baqarah Bag. 39 ⭐

⭐ Faidah Tafsir Surat Al-Baqarah Bagian 3⃣9⃣

💎💎💎 ALLAH TAKKAN MALU DARI SETIAP KEBENARAN

✅ Allah ta’ala berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ لَا یَسۡتَحۡیِۦۤ أَن یَضۡرِبَ مَثَلࣰا مَّا بَعُوضَةࣰ فَمَا فَوۡقَهَاۚ فَأَمَّا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ فَیَعۡلَمُونَ أَنَّهُ ٱلۡحَقُّ مِن رَّبِّهِمۡۖ وَأَمَّا ٱلَّذِینَ كَفَرُوا۟ فَیَقُولُونَ مَاذَاۤ أَرَادَ ٱللَّهُ بِهَـٰذَا مَثَلࣰاۘ یُضِلُّ بِهِۦ كَثِیرࣰا وَیَهۡدِی بِهِۦ كَثِیرࣰاۚ وَمَا یُضِلُّ بِهِۦۤ إِلَّا ٱلۡفَـٰسِقِینَ

Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang disesatkan-Nya, dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik. (Al-Baqarah:26)

📌 Tafsir ayat :

Sesungguhnya Allah ta’ala tidak malu dari kebenaran untuk menyebutkan apa saja. Sedikit ataupun banyak. Meskipun hal itu adalah permisalan dengan sesuatu yang kecil. Seperti nyamuk, lalat dan semisalnya, dari hal-hal yang Allah jadikan penggambaran tentang lemahnya seluruh yang disembah selain Allah.

Adapun kaum mukminin, maka mereka mengetahui hikmah Allah saat membuat permisalan dengan suatu yang kecil maupun besar dari ciptaan-Nya. Tetapi orang-orang kafir, mereka memperolok dan berkata, “Apa tujuan Allah membuat perumpamaan dengan serangga-serangga yang rendah ini?” Lalu Allah menjawab bahwa tujuannya adalah sebagai ujian dan pembeda antara seorang mukmin dari seorang kafir. Dengan sebab itulah Allah memalingkan manusia dari kebenaran karena olok-olok mereka terhadap permisalan itu, dan Allah memberikan taufik kepada selain mereka hingga memberikan tambahan iman dan hidayah.

Allah ta’ala tidak menzalimi siapapun. Karena tidaklah Dia memalingkan dari kebenaran kecuali orang-orang yang tidak menaati-Nya.

📘 Tafsir Surat Al-Baqarah : 26
📚 At-Tafsirul Muyassar

#⃣ Link : #tafsir_albaqarah | #tafsir_albaqarah_26 | #tafsir_albaqarah_25

📌 تفسير الآية :
إن الله تعالى لا يستحيي من الحق أن يذكر شيئًا ما، قلَّ أو كثر، ولو كان تمثيلا بأصغر شيء، كالبعوضة والذباب ونحو ذلك، مما ضربه الله مثلا لِعَجْز كل ما يُعْبَد من دون الله. فأما المؤمنون فيعلمون حكمة الله في التمثيل بالصغير والكبير من خلقه، وأما الكفار فَيَسْخرون ويقولون: ما مراد الله مِن ضَرْب المثل بهذه الحشرات الحقيرة؟ ويجيبهم الله بأن المراد هو الاختبار، وتمييز المؤمن من الكافر؛ لذلك يصرف الله بهذا المثل ناسًا كثيرين عن الحق لسخريتهم منه، ويوفق به غيرهم إلى مزيد من الإيمان والهداية. والله تعالى لا يظلم أحدًا؛ لأنه لا يَصْرِف عن الحق إلا الخارجين عن طاعته.
📘 تفسير سورة البقرة : ٢٦
📚 التفسير الميسر

➖➖➖

🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.