โœ๐Ÿ’ก๐Ÿ•Œ SUNNAH-SUNNAH YANG BERKAITAN DENGAN SALAT IED

Asy-Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

1. Bertakbir di malam Ied

Disunnahkan untuk bertakbir pada malam Ied dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari terakhir dari bulan Ramadan sampai imam datang untuk melaksanakan salat Ied.

Lafadz takbir, dengan dua kali takbir atau tiga kali, dua-duanya diperbolehkan.

ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ ูˆู„ู„ู‡ ุงู„ุญู…ุฏ

ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ูˆู„ู„ู‡ ุงู„ุญู…ุฏ

Sepantasnya seseorang untuk mengeraskan suaranya dengan mengucapkan dzikir tersebut di pasar-pasar, masjid-masjid dan juga di rumah-rumah, adapun para wanita tidak perlu mengeraskan suaranya.

2. Makan kurma dengan jumlah ganjil

Hendaknya makan beberapa butir kurma dengan jumlah ganjil sebelum keluar untuk melaksanakan salat Ied, karena Nabi Shalallahu alaihi wasallam dahulu belum berangkat untuk salat Iedul Fitri, kecuali setelah memakan beberapa butir kurma dalam jumlah ganjil, dan hendaknya dia membatasi dengan jumlah ganjil sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam.

3. Memakai pakaian yang paling bagus

Perkara sunnah yang ketiga, yaitu memakai pakaian yang paling bagus, ini adalah untuk kaum laki-laki. Adapun kaum wanita tidak diperbolehkan memakai pakaian yang indah ketika keluar ke tempat salat ied, karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Hendaknya mereka keluar tanpa wewangian”

Yakni dengan pakaian biasa, bukan pakaian untuk berhias. Mereka diharamkan keluar dengan wewangian dan bersolek.

4. Mandi sebelum melaksanakan salat Ied

Perkara sunnah yang keempat. Sebagian ulama mengatakan sunnahnya mandi sebelum melaksanakan salat Ied, karena hal ini diriwayatkan dari sebagian salaf, mandi sebelum melaksanakan sholat Ied hukumnya adalah sunah, sebagaimana disyariatkan pada sholat Jum’at karena berkumpulnya manusia ketika itu, seandainya seseorang mandi maka ini adalah sesuatu yang sangat baik.

5. Melaksanakan salat Ied

Perkara yang disunnahkan kelima, yaitu salat Ied. Kaum muslimin sepakat tentang disyariatkannya salat Ied, sebagian mengatakan bahwa hukumnya adalah sunah, sebagian mereka mengatakan hukumnya adalah fardhu kifayah, sebagian lain mengatakan hukumnya adalah fardhu ain dan bagi yang meninggalkannya berdosa.

Mereka berdalil dengan hadits yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk salat ied, sampai-sampai para gadis pingitan dan orang-orang yang tidak terbiasa untuk keluar dari rumahnya diperintahkan untuk menghadiri tempat pelaksanaan sholat Ied, hanya saja para wanita yang sedang haid mereka menjauh dari tempat shalat, karena wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk berdiam di masjid, walaupun diperbolehkan untuk melewati masjid akan tetapi tidak diperbolehkan untuk berdiam diri di dalamnya.

Adapun menurut saya, pendapat yang paling kuat dari dalil-dalil tersebut bahwa hukumnya adalah fardhu ain, wajib bagi setiap laki-laki untuk menghadiri sholat Ied kecuali yang memiliki udzur, ini adalah pendapat yang dipilih oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.

Apabila seseorang terluputkan darinya maka gugur kewajibannya, karena sama seperti sholat Jum’at. Sholat Jum’at apabila seseorang terluputkan darinya maka gugur kewajibannya. Dan seandainya waktu tersebut adalah waktu untuk melaksanakan sholat Jum’at niscaya kita akan katakan kepadanya: (lakukan shalat Jumat) Jangan salat dhuhur!

akan tetapi (tidak seperti itu) ketika dia terluputkan dari sholat Jum’at maka wajib baginya untuk mengerjakan sholat dhuhur, karena itu adalah waktu dhuhur.

โžก Adapun sholat Ied maka tidak ada sholat lain yang diwajibkan selain sholat Ied, sedangkan sholat tersebut sudah terluput darinya (maka gugur kewajibannya).

Sebagian Ahlul ilmi berpendapat disunnahkan untuk mengqhada, apabila engkau mendatangi sholat Ied dalam keadaan imam sedang berkhutbah maka engkau sholat Ied seperti yang dilakukan imam.

โžกKemudian, pada rakaat pertama imam membaca surat {ุณุจุญ ุงุณู… ุฑุจูƒ ุงู„ุฃุนู„ู‰} dan pada rakaat kedua membaca {ู‡ู„ ุฃุชุงูƒ ุญุฏูŠุซ ุงู„ุบุงุดูŠุฉ}
Atau pada rakaat pertama membaca surat{ู‚} dan pada rakaat kedua membaca surat {ุงู„ู‚ู…ุฑ}.

Keduanya telah shahih haditsnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–

ู„ู„ุดูŠุฎ ุงู„ุนู„ุงู…ุฉ ู…ุญู…ุฏ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡

#โƒฃ ุงู„ุณู†ุฉ ุฑู‚ู…ใ€Š1ใ€‹
โž–โž–โž–โž–

ุงุณุชุญุจุงุจ ุงู„ุชูƒุจูŠุฑ ููŠ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ู…ู† ุบุฑูˆุจ ุงู„ุดู…ุณ ุขุฎุฑ ูŠูˆู… ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ุฅู„ู‰ ุญุถูˆุฑ ุงู„ุฅู…ุงู… ู„ู„ุตู„ุงุฉุŒ ูˆุตูŠุบุฉ ุงู„ุชูƒุจูŠุฑ: ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ ูˆู„ู„ู‡ ุงู„ุญู…ุฏ. ุฃูˆ ูŠูƒุจุฑ ุซู„ุงุซุงู‹ ููŠู‚ูˆู„: ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุŒ ูˆู„ู„ู‡ ุงู„ุญู…ุฏ. ูˆูƒู„ ุฐู„ูƒ ุฌุงุฆุฒ.
ูˆูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠุฑูุน ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุตูˆุชู‡ ุจู‡ุฐุง ุงู„ุฐูƒุฑ ููŠ ุงู„ุฃุณูˆุงู‚ ูˆุงู„ู…ุณุงุฌุฏ ูˆุงู„ุจูŠูˆุชุŒ ูˆู„ุง ุชุฑูุน ุงู„ู†ุณุงุก ุฃุตูˆุงุชู‡ู† ุจุฐู„ูƒ.

๐Ÿ”ธุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆ ุฑุณุงุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุงู„ู…ุฌู„ุฏ ุงู„ุณุงุฏุณ ุนุดุฑ – ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏูŠู†

 

#โƒฃ ุงู„ุณู†ุฉ ุฑู‚ู…ใ€Š2ใ€‹
โž–โž–โž–โž–

ุฃู† ูŠุฃูƒู„ ุชู…ุฑุงุชู ูˆุชุฑุงู‹ ู‚ุจู„ ุงู„ุฎุฑูˆุฌ ู„ู„ุนูŠุฏุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒุงู† ู„ุง ูŠุบุฏูˆ ูŠูˆู… ุงู„ูุทุฑ ุญุชู‰ ูŠุฃูƒู„ ุชู…ุฑุงุช ูˆุชุฑุงู‹ุŒ ูˆูŠู‚ุชุตุฑ ุนู„ู‰ ูˆุชุฑ ูƒู…ุง ูุนู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

๐Ÿ”ธุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆ ุฑุณุงุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุงู„ู…ุฌู„ุฏ ุงู„ุณุงุฏุณ ุนุดุฑ – ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏูŠู†

 

#โƒฃ ุงู„ุณู†ุฉ ุฑู‚ู…ใ€Š3ใ€‹
โž–โž–โž–โž–

ูŠู„ุจุณ ุฃุญุณู† ุซูŠุงุจู‡ุŒ ูˆู‡ุฐุง ู„ู„ุฑุฌุงู„ุŒ ุฃู…ุง ุงู„ู†ุณุงุก ูู„ุง ุชู„ุจุณ ุงู„ุซูŠุงุจ ุงู„ุฌู…ูŠู„ุฉ ุนู†ุฏ ุฎุฑูˆุฌู‡ุง ุฅู„ู‰ ู…ุตู„ู‰ ุงู„ุนูŠุฏุ› ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: “ูˆู„ูŠุฎุฑุฌู† ุชูู„ุงุช” ุฃูŠ ููŠ ุซูŠุงุจ ุนุงุฏูŠุฉ ู„ูŠุณุช ุซูŠุงุจ ุชุจุฑุฌุŒ ูˆูŠุญุฑู… ุนู„ูŠู‡ุง ุฃู† ุชุฎุฑุฌ ู…ุชุทูŠุจุฉ ู…ุชุจุฑุฌุฉ.

๐Ÿ”ธุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆ ุฑุณุงุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุงู„ู…ุฌู„ุฏ ุงู„ุณุงุฏุณ ุนุดุฑ – ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏูŠู†

 

#โƒฃ ุงู„ุณู†ุฉ ุฑู‚ู…ใ€Š4ใ€‹
โž–โž–โž–โž–

ุงุณุชุญุจ ุจุนุถ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุฃู† ูŠุบุชุณู„ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏุ› ู„ุฃู† ุฐู„ูƒ ู…ุฑูˆูŠ ุนู† ุจุนุถ ุงู„ุณู„ูุŒ ูˆุงู„ุบุณู„ ู„ู„ุนูŠุฏ ู…ุณุชุญุจุŒ ูƒู…ุง ุดุฑุน ู„ู„ุฌู…ุนุฉ ู„ุงุฌุชู…ุงุน ุงู„ู†ุงุณุŒ ูˆู„ูˆ ุงุบุชุณู„ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ูƒุงู† ุฐู„ูƒ ุฌูŠุฏุงู‹.

๐Ÿ”ธู„ู…ุตุฏุฑ: ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆ ุฑุณุงุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุงู„ู…ุฌู„ุฏ ุงู„ุณุงุฏุณ ุนุดุฑ – ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏูŠู†

 

#โƒฃ ุงู„ุณู†ุฉ ุฑู‚ู…ใ€Š5ใ€‹
โž–โž–โž–โž–

ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏ. ูˆู‚ุฏ ุฃุฌู…ุน ุงู„ู…ุณู„ู…ูˆู† ุนู„ู‰ ู…ุดุฑูˆุนูŠุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏุŒ ูˆู…ู†ู‡ู… ู…ู† ู‚ุงู„: ู‡ูŠ ุณู†ุฉ. ูˆู…ู†ู‡ู… ู…ู† ู‚ุงู„: ูุฑุถ ูƒูุงูŠุฉ. ูˆุจุนุถู‡ู… ู‚ุงู„: ูุฑุถ ุนูŠู† ูˆู…ู† ุชุฑูƒู‡ุง ุฃุซู…ุŒ ูˆุงุณุชุฏู„ูˆุง ุจุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃู…ุฑ ุญุชู‰ ุฐูˆุงุช ุงู„ุฎุฏูˆุฑ ูˆุงู„ุนูˆุงุชู‚ ูˆู…ู† ู„ุง ุนุงุฏุฉ ู„ู‡ู† ุจุงู„ุฎุฑูˆุฌ ุฃู† ูŠุญุถุฑู† ู…ุตู„ู‰ ุงู„ุนูŠุฏุŒ ุฅู„ุง ุฃู† ุงู„ุญูŠุถ ูŠุนุชุฒู„ู† ุงู„ู…ุตู„ู‰ุŒ ู„ุฃู† ุงู„ุญุงุฆุถ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ุชู…ูƒุซ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏุŒ ูˆุฅู† ูƒุงู† ูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ุชู…ุฑ ุจุงู„ู…ุณุฌุฏ ู„ูƒู† ู„ุง ุชู…ูƒุซ ููŠู‡.

ูˆุงู„ุฐูŠ ูŠุชุฑุฌุญ ู„ูŠ ู…ู† ุงู„ุฃุฏู„ุฉ ุฃู†ู‡ุง ูุฑุถ ุนูŠู†ุŒ ูˆุฃู†ู‡ ูŠุฌุจ ุนู„ู‰ ูƒู„ ุฐูƒุฑ ุฃู† ูŠุญุถุฑ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ุฅู„ุง ู…ู† ูƒุงู† ู„ู‡ ุนุฐุฑุŒ ูˆู‡ูˆ ุงุฎุชูŠุงุฑ ุดูŠุฎ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ ู€ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู€ุŒ ูˆุฅุฐุง ูุงุชุช ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุณู‚ุทุช ู„ุฃู†ู‡ุง ูƒุงู„ุฌู…ุนุฉุŒ ูˆุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฅุฐุง ูุงุชุช ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุณู‚ุทุชุŒ ูˆู„ูˆ ุฃู† ุงู„ูˆู‚ุช ูˆู‚ุช ุฌู…ุนุฉ ู„ู‚ู„ู†ุง ู„ู…ู† ูุงุชุชู‡ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ู„ุง ุชุตู„ู‘ู ุงู„ุธู‡ุฑุŒ ู„ูƒู† ู„ู…ู‘ุง ูุงุชุชู‡ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูˆุฌุจุช ุตู„ุงุฉ ุงู„ุธู‡ุฑุ› ู„ุฃู†ู‡ ูˆู‚ุช ุงู„ุธู‡ุฑุŒ ุฃู…ุง ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ูู„ูŠุณ ู„ู‡ุง ุตู„ุงุฉ ู…ูุฑูˆุถุฉ ุบูŠุฑ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ูˆู‚ุฏ ูุงุชุช.

ูˆุฐู‡ุจ ุจุนุถ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ุฅู„ู‰ ุฃู†ู‡ ูŠุณู† ู‚ุถุงุคู‡ุงุŒ ูุฅุฐุง ุฃุชูŠุช ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ูˆุงู„ุฅู…ุงู… ูŠุฎุทุจุŒ ุชุตู„ูŠ ุงู„ุนูŠุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุตูุฉ ุงู„ุชูŠ ุตู„ุงู‡ุง ุงู„ุฅู…ุงู….

ูˆูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ุฅู…ุงู… ููŠ ุงู„ุฑูƒุนุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰: {ุณุจุญ ุงุณู… ุฑุจูƒ ุงู„ุฃุนู„ู‰}ุŒ ูˆููŠ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ: {ู‡ู„ ุฃุชุงูƒ ุญุฏูŠุซ ุงู„ุบุงุดูŠุฉ}ุŒ ุฃูˆ ูŠู‚ุฑุฃ ุณูˆุฑุฉ {ู‚} ููŠ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ุŒ ูˆุณูˆุฑุฉ ุงู„ู‚ู…ุฑ ููŠ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉุŒ ูˆูƒู„ุงู‡ู…ุง ุตุญ ุจู‡ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

๐Ÿ’ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆ ุฑุณุงุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนุซูŠู…ูŠู† ุงู„ู…ุฌู„ุฏ ุงู„ุณุงุฏุณ ุนุดุฑ – ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนูŠุฏูŠู†

 

๐Ÿ“š Sumber: Majmu Fatawa wa Rosail Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin Jilid 16, Bab Sholatil Iedain.

โž–โž–โž–

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.