🔒⛰ KEUTAMAAN MENAHAN AMARAH ⛰🔒

🔒⛰ KEUTAMAAN MENAHAN AMARAH ⛰🔒

✍🏻 Dari Mu’adz bin Anas Al Juhani, bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda :

⛰ “Barangsiapa yang menahan kemarahan dalam keadaan dia mampu untuk meluapkannya,kelak pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk-makhluk-Nya sampai Allah membebaskannya untuk memilih di antara bidadari yang ia sukai sekehendaknya.”

📝 Hadits ini dihasankan oleh Al Albani dalam Shahih Abi Daud – nomor 4777

💬 Al Allamah Rabi’ Al Madkholi -hafidzahullah- berkata :

🌀 “Terkadang orang-orang bodoh dan para musuh telah membuatmu marah, maka apa yang dituntut dari kalian dalam menghadapi hal tersebut?

✅ Yang dituntut untuk kamu lakukan adalah menahan kemarahanmu sehingga kamu termasuk al abrar orang-orang yang baik, bahkan yang dituntut darimu lebih banyak lagi dari itu yaitu memaafkannya, karena kemarahan kamu bisa menahannya, tetapi masih tersisa pada dirimu rasa sakit.

🌅 Akan tetapi dengan memaafkan akan hilang segala rasa tersebut, -yang ada adalah- kemurahan hati dan longgarnya jiwa. Hal ini adalah perkara yang terpuji di sisi Allah -tabaraka wa ta’ala- dan termasuk dari sifat orang-orang yang didekatkan kepada Allah dan orang-orang yang baik.

📜 Oleh karena itu Allah yang Maha suci berfirman :

﴿ واللهُ يُـحِبُّ المُحْسِنِـينَ ﴾

✔ “Allah mencintai orang-orang yang berbuat Ihsan (baik).”

🔒 Yakni orang-orang yang menahan kemarahannya dan memaafkan manusia termasuk orang-orang yang berbuat baik (Ihsan).”

📙📕 Sumber: Al Majmu’ Ar Raaiq (62)


فَضْل كظْمِ الغَيْــظِ

📌 عَنْ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ الْجُهَنِــﮯِّ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّه ﷺ قَالَ :

❐ مَنْ كَظَــمَ غَيْظًا وَهـُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفــِذَهُ ؛ دَعَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائـِقِ يَوْمَ الْقِيَامــَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللَّهُ مـِنَ الْحُورِ الْعِيـــنِ مَا يَشَاءُ .

📓📔 حسنه الألباني في صحيح أبي داود – رقم : (4777)

📌 قال العلاَّمةُ ربيــ؏ المدخلــﮯ حفظه الله :

❐ قدْ يُغضبُكـَ السَّفيــہ والعَدوُّ ، فمَا هوَ المَطلوبُ منكَ ؟ المطلوبُ مِنكـَ كَظْمُ الغيظِ حتَى تكونَ مِنَ الأبرارِ، بل المطلوبُ مِنكـَ أكثرُ مِنْ ذلكـَ ، وهوَ العَفوْ لأِنَّ الغَيْظَ تكظـُمَــہ ، ولكنْ يبقَى فـﮯ نَفسِكَ شئٌ مِنَ الأَلمِ .

➠ لكنْ العَفـــوْ يَذهبُ مَعَــہُ كُلُّ شـﮯءٍ ؛ سَمَاحةٌ ، طِيبٌ في النَفسِ ، هذا أمرٌ محمودٌ عِندَ الله تَباركَ وتعَالَىَ ، ومِنْ صِفاتِ المُقَرَّبينَ والأبرَارِ .

❐ ولهَذا قال سُبحَانــہُ : ﴿ واللهُ يُـحِبُّ المُحْسِنِـينَ ﴾ يعنـﮯ : الكَاظِمينَ الغَيْظَ والعَافِينَ عِنِ النَّاسِ مِنَ المُحْسِنِينَ .

▣ المصـــدر :
📓📔 المجمــوع الرائق 【 62 】

➖➖➖

🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.