๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž HUKUM BERPUASA DAN SHALAT MALAM PADA NISHFU SYA’BAN 2โƒฃ

โœ Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah berkata :

โœ… Demikian pula, tidak ada dalil dari Nabi ๏ทบูŽ yang menjelaskan tentang disyariatkannya pengkhususan untuk berpuasa pada hari ke lima belas di bulan Sya’ban atau nishfu Sya’ban. Adapun hadits-hadits yang membahas tentang permasalah ini, maka seluruhnya merupakan hadits lemah. Sebagaimana hal ini telah disebutkan oleh ahlul ilmi.

โœ… Akan tetapi, jika memang kebiasaannya berpuasa pada al-ayyamul bidh (tanggal 13, 14, 15) di tiap bulan, maka ia boleh berpuasa pada hari-hari tersebut di bulan Sya’ban sebagaimana ia berpuasa padanya di bulan yang lainnya. Bukan karena ia mengkhususkan puasa hari itu di bulan Sya’ban. Hal ini sebagaimana Nabi ๏ทบูŽ berpuasa dan memperbanyak puasa di bulan ini (Sya’ban), namun beliau tidak mengkhususkan puasa di hari nishfu Sya’ban saja. Hanya saja puasa pada hari tersebut karena mengikuti kebiasaan berpuasa di bulan-bulan lain.

๐Ÿ“š Al-Muntaqa min Fatawa Asy-Syaikh Al-Fauzan (231)

โœ ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุตุงู„ุญ ุงู„ููˆุฒุงู† ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ :
ูˆูƒุฐู„ูƒ ู„ู… ูŠุฑุฏ ููŠ ุตูŠุงู… ูŠูˆู… ุงู„ุฎุงู…ุณ ุนุดุฑ ู…ู† ุดุนุจุงู†ุŒ ุฃูˆ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ุจุฎุตูˆุตู‡ ุฏู„ูŠู„ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบูŽ ูŠู‚ุชุถูŠ ู…ุดุฑูˆุนูŠุฉ ุตูŠุงู… ุฐู„ูƒ ุงู„ูŠูˆู…โ€.โ€ ุฃู…ุง ู…ุง ูˆุฑุฏ ู…ู† ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ูˆุถูˆุนุ› ููƒู„ู‡ุง ุถุนูŠูุฉุ› ูƒู…ุง ู†ุต ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู…ุŒ ูˆู„ูƒู† ู…ูŽู† ูƒุงู† ู…ู† ุนุงุฏุชู‡ ุฃู† ูŠุตูˆู… ุงู„ุฃูŠุงู… ุงู„ุจูŠุถุ› ูุฅู†ู‡ ูŠุตูˆู…ู‡ุง ููŠ ุดุนุจุงู† ูƒู…ุง ูŠุตูˆู…ู‡ุง ููŠ ุบูŠุฑู‡ุŒ ู„ุง ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ุฎุงุต ุจู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู…ุ› ูƒู…ุง ูƒุงู† ๏ทบูŽ ูŠุตูˆู… ูˆูŠูƒุซุฑ ุงู„ุตูŠุงู… ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุดู‡ุฑุŒ ู„ูƒู†ู‡ ู„ู… ูŠุฎุต ู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู…ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ูŠุฏุฎู„ ุชุจุนู‹ุงโ€.โ€

๐Ÿ“š ุงู„ู…ู†ุชู‚ู‰ ู…ู† ูุชุงูˆู‰ ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ููˆุฒุงู† (ูขูฃูก)

โž–โž–โž–

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

โ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ป

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.