๐Ÿ”ฐ๐Ÿ”† TEMPAT MELETAKKAN TANGAN MUADZIN KETIKA ADZAN

Silsilah Fatwa Para Imam Syafi’iyah: Dari fatwa Imam Syafi’iyah yang paling terkenal yaitu Al Imam An-Nawawi rahimahullah ta’ala

Pertanyaan :

Di manakah seorang muadzin meletakkan tangannya ketika adzan?

Jawaban :

๐Ÿ‘‰ “Yang sunnah adalah menjadikan kedua jarinya pada dua lubang telinganya. Dan ini telah disepakati padanya dan dinukilkan oleh Al-Muhamiliy dalam Al-Majmu’ dari kebanyakan para ulama.”

Para rekan kami kalangan ulama syafi’iyah mengatakan bahwa padanya ada faidah yang lain, yaitu kadangkala ada seseorang yang tidak mendengar suaranya karena tuli atau jauh atau selainnya sehingga dia bisa tahu bahwa muadzin sedang mengumandangkan adzan karena melihat kedua jarinya pada telinganya.

Jika pada salah satu tangannya ada cacat yang menghalanginya dari hal tersebut, maka dia meletakkan jarinya yang lain pada lubang telinganya. Dan tidak disunnahkan meletakkan jari pada telinga ketika iqamah, sebagaimana dinyatakan oleh Ar-Ruyani dalam Al-Hilyah dan lainnya.”.

๐Ÿ“š (Syarh Al-Muhadzab 3/113 )

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–

๐Ÿ“ข ุณู„ุณู„ุฉ ูุชุงูˆู‰ ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ..๐Ÿ“š

๐ŸŒพ ู…ู† ูุชุงูˆู‰ ุฃุจุฑุฒ ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ู†ูˆูˆูŠ
ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ุฆ .

๐Ÿ“Œ ุงู„ุณุคุงู„:
ุงูŠู† ูŠุถุน ุงู„ู…ุคุฐู† ูŠุฏูŠู‡ ุฃุซู†ุงุก ุงู„ุฃุฐุงู† ุŸ

ุงู„ุฌูˆุงุจ:
๐Ÿ‘ˆ๐Ÿป ุงู„ุณู†ุฉ ุฃู† ูŠุฌุนู„ ุฃุตุจุนูŠู‡ ููŠ ุตู…ุงุฎูŠ ุฃุฐู†ูŠู‡ ุŒ ูˆู‡ุฐุง ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡ ุŒ ูˆู†ู‚ู„ู‡ ุงู„ู…ุญุงู…ู„ูŠ ููŠ ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ุนู† ุนุงู…ุฉ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… .

โœ๐Ÿป ู‚ุงู„ ุฃุตุญุงุจู†ุง:
ูˆููŠู‡ ูุงุฆุฏุฉ ุฃุฎุฑู‰ ุŒ ูˆู‡ูŠ ุฃู†ู‡ ุฑุจู…ุง ู„ู… ูŠุณู…ุน ุฅู†ุณุงู† ุตูˆุชู‡ ู„ุตู…ู… ุฃูˆ ุจุนุฏ ุฃูˆ ุบูŠุฑู‡ู…ุง ุŒ ููŠุณุชุฏู„ ุจุฃุตุจุนูŠู‡ ุนู„ู‰ ุฃุฐุงู†ู‡ .
ูุฅู† ูƒุงู† ููŠ ุฅุญุฏู‰ ูŠุฏูŠู‡ ุนู„ุฉ ุชู…ู†ุนู‡ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุŒ ุฌุนู„ ุงู„ุฃุตุจุน ุงู„ุฃุฎุฑู‰ ููŠ ุตู…ุงุฎู‡ .

๐Ÿ‘ˆ๐Ÿป ูˆู„ุง ูŠุณุชุญุจ ูˆุถุน ุงู„ุฃุตุจุน ููŠ ุงู„ุฃุฐู† ููŠ ุงู„ุฅู‚ุงู…ุฉ ุŒ ุตุฑุญ ุจู‡ ุงู„ุฑูˆูŠุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ุญู„ูŠุฉ ูˆุบูŠุฑู‡ . ”

๐Ÿ“• ุงู†ุชู‡ู‰ ู…ู† “ุดุฑุญ ุงู„ู…ู‡ุฐุจ”(3/113) .

๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚

 

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.