Suamiku, Jangan Kau Sakiti Aku!

โœ๏ธSungguh tak sedikit kasus KDRT terjadi di dalam rumah tangga kaum muslimin, penyebabnya adalah karena jauhnya mereka dari agama dan kurang rasa takutnya kepada Allah. Diantara kekerasan yang dilakukan oleh suami kepada istri adalah memukul istri dengan pukulan yang membuat cedera, pukulan dari luapan emosi dengan pukulan yang keras lagi membekas.๐Ÿ‘Š

โ–ซ๏ธRasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… besabda:

“Ketahuilah boleh jadi salah seorang diantara kalian memukul istrinya seperti memukul budak perempuanya. Ketahuilah sesungguhnya sebaik baik kalian adalah yang paling baik dengan istrinya.” (HR. Al Bazzar di shahihkan oleh syaikh al Albani)

โ–ซ๏ธDalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

“Janganlah memukulnya (istri) dan menjelekkanya.” (HR. Abu Dawud).

โœ๏ธSungguh agama islam memerintahkan kita bermuamalah dengan cara yang baik kepada istri kita.

โ–ซ๏ธAllah Ta’aala berfirman:

ูˆุนุงุดุฑูˆู‡ู† ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู

“dan bergaulah dengan mereka secara patut” (an Nisa:19)

โ–ซ๏ธRasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wasallam bersabda:

ุฎูŽูŠู’ุฑููƒูู…ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑููƒูู…ู’ ู„ูุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑููƒูู…ู’ ู„ูุฃูŽู‡ู’ู„ููŠ

โ€œSebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya dan saya yang paling baik di antara kalian terhadap istriku.โ€ (HR. At- Tirmidzi dan Ibnu Majah).

โœ๏ธAisyah pernah ditanya oleh seorang wanita tabiin yg merupakan muridnya tentang akhlaq Rasulullah ketika bersama istri2nya.

Aisyah menjawab, Beliau sebagaimana halnya laki2 di kalangan kalian. Hanya saja beliau adalah manusia yang paling mulia, paling baik aklaqnya, paling lembut, dan paling dermawan. Beliau suka tertawa dan tersenyum.”

โ–ซ๏ธDari Anas berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah memukul pelayan dan istri, sekalipun.” (HR.Bukhari dan Muslim)

โœ๏ธTahanlah emosi dan amarah kalian wahai para suami jangan kalian menganiaya istri-istri kalian. Berlaku lemah lembutlah kepada mereka. Bertakwalah kepada Allah. Jangalah engkau runtuhkan bangunan rumah. tanggamu sehingga engkau menyesal.

โ–ซ๏ธRasulullah shallalahu
Alaihi wa sallam:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ููู’ู‚ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ูููŠ ุดูŽูŠู’ุกู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฒูŽุงู†ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู†ู’ุฒูŽุนู ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุดูŽุงู†ูŽู‡ู
โ€œSesungguhnya lemah lembut tidaklah ada pada sesuatu pasti menghiasinya, dan jika tidak ada pada sesuatu pasti menjelekkannya. (HR. Muslim no. 2594)

โœBerkata asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah: Padanya (di dalam hadits ed) terdapat anjuran agar seseorang bersikap lemah lembut dalam setiap urusannya, lemah lembut dalam muamalah (bergaul) dengan istrinya, dalam muamalah dengan saudara-saudaranya, dalam muamalah dengan teman-temannya dan di dalam muamalah dengan keumuman manusia, sesungguhnya Allah Maha Lemah Lembut dan mencintai lemah lembut. (Syarh Riyadhus Shalihin: 3/578).

Dalam hadits lain Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“โ€ฆmaukah kalian ku beritahu tentang penghuni neraka? Yaitu orang yang keras lagi kasar.” (HR. Ath Thiyalisi, di shahihkn oleh syaikh al Albani).

Sadarlah wahai para suamiโ€ฆsyukurilah nikmat mempunyai istri.

๐ŸกTelegram PERSUASI
————๐Ÿ’Ž————
๐Ÿ”‘ Arsip Fawaid Ilmiyah:
https://telegram.me/fawaidsolo
————๐Ÿ’Ž————

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.