๐๐๐ HADITS PERTAMA BAGIAN I
ูุชุงุจ ุงูุทูุงุฑุฉ
ุงูุญุฏูุซ ุงูุฃูู: ุนููู ุนูู ูุฑู ุจู ุงูุฎุทูุงุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุงู: ุณูู ูุนุช ุฑุณูููู ุงููู ๏ทบ ูููููู: ยซุฅูููู ูุง ุงูุฃุนูู ูุงูู ุจุงูููููููุงุช ููุฅูููู ูุง ูููู ุงู ุฑุฆู ู ูุง ูููููุ ูู ููู ููุงููุชู ููุฌูุฑูุชูู ุฅููู ุงููู ููุฑูุณูููููู ููููุฌูุฑูุชูู ุฅููู ุงููู ููุฑูุณููููููุ ููู ููู ููุงููุชู ููุฌูุฑุชููู ุฅูู ุฏูููุง ููุตูุจูููุงุ ุฃู ุงู ูุฑูุฃุฉู ููุชูุฒููููุฌูููุงุ ููููุฌูุฑูุชูู ุฅููู ู ูุง ููุงุฌูุฑู ุฅููููยป. [ุงูุจุฎุงุฑู (ูก)ุ ู ุณูู (ูกูฉู ูง)].
KITAB THAHARAH
Hadits Pertama
๐ซ Dari Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah ๏ทบ bersabda, “Sesungguhnya seluruh amalan itu tergantung pada niatnya dan sesungguhnya setiap orang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan. Barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya dan barangsiapa yang hijrahnya kepada harta dunia yang ingin ia dapatkan atau perempuan yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang ia hijrah kepadanya.” (HR. Bukhari: 1 dan Muslim: 1907.)
ุจูุณูู
ู ุงูููููู ุงูุฑููุญูู
ููู ุงูุฑููุญููู
ู
ูุจู ูุณุชุนูู ุงูุญู
ุฏ ููู ุฑุจ ุงูุนุงูู
ููุ ูุตูู ุงููู ูุณูู
ุนูู ุฃุดุฑู ุงูู
ุฑุณููู.
โ๏ธ Bismillahirrahmanirrahim
Hanya kepada Allah, kita meminta pertolongan. Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah curahkan kepada rasul yang paling mulia ๏ทบ.
ูููู: ยซุฅูู ุง ุงูุฃุนู ุงู ุจุงูููุงุช…ยป ุฅูุฎุ ุฃู: ูุง ูุชุตูุฑ ุงูุนู ู ุฅูุง ุจุงูููุฉุ ูุฃู ุง ูุฌูุฏ ุตูุฑุฉ ุงูุนู ู ู ู ุฏูู ููุฉุ ููุง ูุณู ู ุนู ููุงุ ูุฐูู ูุนู ู ุงููุงุฆู ูุงูู ุฌูููุ ูุฃู ุง ุงูุนุงูู ููุง ูุชุตูุฑ ุฃู ูุนู ู ุนู ููุง ุฅูุง ุจููุฉุ ูููุฐุง ูุงู ุงูู ููู ุฑุญู ู ุงููู: ยซูู ููููุง ุงููู ุนู ููุง ู ู ุฏูู ููุฉุ ููุงู ู ู ุชูููู ู ุง ูุง ูุทุงูยป ุฐู ุงูู ูุณูุณููุ ูุงุจู ูุฏุงู ุฉ (ุตูกูฅ).
๐ด Sabda Nabi ๏ทบ: ยซSesungguhnya seluruh amalan itu tergantung pada niatnya…ยป hingga akhir hadits, artinya ialah suatu amal (perbuatan) tidak akan terwujud kecuali dengan niat.
๐ฅ Adapun adanya bentuk suatu amal tanpa disertai niat, maka itu tidak dinamakan suatu amalan, seperti amal yang dilakukan oleh orang yang sedang tidur (ngigau) atau orang gila.
โ Adapun orang yang berakal (memiliki kesadaran), maka tidak terbayang sama sekali bahwasanya ia akan beramal tanpa disertai dengan niat.
๐ Oleh karena itu, Al Muwaffaq rahimahullah berkata, “Seandainya Allah memerintahkan kita untuk beramal tanpa niat, maka sungguh perintah itu termasuk dari perintah yang kita tidak akan mampu untuk melaksanakannya.” (Dzammul Muwaswisin oleh: Ibnu Qudamah, hlm. 15)
==========
๐๐ At Ta’liqaat ‘ala Umdatil Ahkam, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di: 23-24
๐ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com
๐ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah