LAWAN TAUHID RUBUBIYYAH (BAGIAN I)

LAWAN TAUHID RUBUBIYYAH BAGIAN I

[ما يضاد توحيد الربوبية]
س: ما ضد توحيد الربوبية؟

Pertanyaan:

✅ Apa lawan dari tauhid rububiyyah?

جـ: هو اعتقاد متصرف مع الله عز وجل في أي شيء من تدبير الكون من إيجاد أو إعدام أو إحياء أو إماتة أو جلب خير أو دفع شر أو غير ذلك من معاني الربوبية،

Jawaban:

💥 Lawan dari tauhid rububiyyah ialah keyakinan bahwasanya ada yang ikut andil* bersama Allah dalam mengatur alam semesta, mewujudkan atau menghilangkan sesuatu, menghidupkan atau mematikan, mendatangkan kebaikan atau menolak kejelekan atau selain itu dari makna-makna rububiyyah (ketuhanan).

أو اعتقاد منازع له في شيء من مقتضيات أسمائه وصفاته كعلم الغيب والعظمة والكبرياء ونحو ذلك،

🌋 Atau keyakinan bahwasanya ada yang bisa menandingi Allah dalam hal kandungan nama-nama dan sifat-sifat-Nya yang mulia. Seperti dalam hal mengetahui yang ghaib, keagungan, kebesaran dan yang semisal itu.

وقال الله تعالى: {مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ – يَا أَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللَّهِ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ} [فاطر: ٢ – ٣] الآيات.

🌍 Allah Ta’ala berfirman,

{Apa saja yang Allah berikan untuk manusia dari rahmat-Nya, maka tidak ada yang bisa menahannya dan apa saja yang Allah tahan, maka tidak ada yang bisa memberikannya setelah Allah dan Dialah Allah Yang Maha mulia lagi Maha bijaksana – Wahai sekalian manusia, ingatlah nikmat Allah atas kalian! Apakah ada pencipta selain Allah yang memberikan rezeki kepada kalian dari langit dan bumi!?}. QS. Faathir: 2-3.

وقال تعالى: {وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ} [يونس: ١٠٧] الآية.

💎 Juga, Allah Ta’ala berfirman,

{Dan apabila Allah memberikan mudharat kepadamu maka tidak ada yang bisa menghilangkan mudharat tersebut kecuali Dia dan apabila Allah memberikan kepadamu kebaikan, maka tidak ada yang bisa menolak keutamaan dari-Nya}. QS. Yunus: 107.
==========
📚📚 200 Soal Tanya Jawab Tentang Aqidah Islam Oleh: Asy Syaikh Hafidz bin Ahmad Al Hakami rahimahullahu ta’ala.
————
* Seperti keyakinan bahwasanya malaikat, nabi, wali, orang shalih, bintang-bintang atau yang lainnya memiliki peran dalam perubahan alam semesta, bisa menurunkan hujan, bisa mendatangkan manfaat dan menolak mudharat atau yang lainnya.

➖➖➖

🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.