๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž KEBAIKAN ITU PEMBERIAN ALLAH, SEDANGKAN KEJELEKAN DISEBABKAN DOSA MANUSIA

โœ๏ธ Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

โ€ูุฅุฐุง ุชุฏุจุฑ ุงู„ุนุจุฏ ุนู„ู… ุฃู† ู…ุง ู‡ูˆ ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุญุณู†ุงุช ู…ู† ูุถู„ ุงู„ู„ู‡ุŒ ูุดูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ุ› ูุฒุงุฏู‡ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ูุถู„ู‡ ุนู…ู„ุง ุตุงู„ุญุงุŒ ูˆู†ุนู…ุง ูŠููŠุถู‡ุง ุนู„ูŠู‡ุŒ ูˆุฅุฐุง ุนู„ู… ุฃู† ุงู„ุดุฑ ู„ุง ูŠุญุตู„ ู„ู‡ ุฅู„ุง ู…ู† ู†ูุณู‡ ุจุฐู†ูˆุจู‡ุŒ ุงุณุชุบูุฑ ูˆุชุงุจุ› ูุฒุงู„ ุนู†ู‡ ุณุจุจ ุงู„ุดุฑุŒ ููŠูƒูˆู† ุงู„ุนุจุฏ ุฏุงุฆู…ุง ุดุงูƒุฑุง ู…ุณุชุบูุฑุงุ› ูู„ุง ูŠุฒุงู„ ุงู„ุฎูŠุฑ ูŠุชุถุงุนู ู„ู‡ุŒ ูˆุงู„ุดุฑ ูŠู†ุฏูุน ุนู†ู‡.

โœ… Bila seorang hamba mentadaburi, ia pasti mengetahui bahwa segala kebaikan yang ada pada dirinya itu karena keutamaan dari Allah. Ia pun bersyukur kepada Allah. Sehingga Allah -karena keutamaan-Nya- pasti menambahkan amalan saleh dan berbagai kenikmatan yang Dia curahkan kepadanya.

Sedangkan bila ia mengetahui bahwa kejelekan, tidaklah terjadi pada dirinya kecuali karena dosa-dosa yang berasal dari dirinya sendiri, pasti ia akan beristigfar dan bertaubat. Sehingga sebab kejelekan akan hilang darinya.

Oleh karena itu, seorang hamba hendaknya selalu bersyukur dan beristigfar sehingga kebaikan akan senantiasa datang berlipat-lipat untuknya dan kejelekan pun akan terhindar darinya.

๐Ÿ“š Majmu’ Al-Fatawa (14/261)

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

See also  Ahlul Bid'ah Tak Pantas Jadi Rujukan Ilmu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.