โ๏ธ Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah
๐จ Tanya:
Jika kita katakan, “Apabila seseorang makan setelah terbitnya fajar karena mengira fajar belum terbit, maka puasanya sah. Lalu bagaimana pendapatmu dengan orang yang makan sebelum terbenamnya matahari karena muadzin mengumandangkan adzan sebelum waktunya karena mengira waktu maghrib telah tiba. Kemudian ketika jelas baginya, ternyata belum masuk waktu maghrib. Apakah kita mengatakan bahwa puasanya tidak sah?”
๐ Jawab:
“Tidak, kita berpendapat puasanya sah. Si penanya mengatakan bahwa dia dalam keadaan tidak tahu, maka puasanya tetap sah.
โ Dalam permasalahan ini, ada nash khusus. Asma binti Abu Bakr radhiallahu’anhuma mengatakan, “Kami berbuka puasa di zaman Nabi ๏ทบ di hari yang mendung, kemudian matahari muncul kembali, tetapi kita tidak diperintahkan untuk mengqadha.
๐ [Silsilah Liqoat Bab Al-Maftuh: 222]
ุญูู ู ู ุฃูุทุฑ ูุจู ุบุฑูุจ ุงูุดู ุณ ุธูุงู ุฃู ุงูู ุบุฑุจ ูุฏ ุฏุฎู
ุงูุณุคุงู:
ุฅุฐุง ูููุง: ุฅุฐุง ุฃูู ุงูุฅูุณุงู ุจุนุฏ ุทููุน ุงููุฌุฑ ุธูุงู ุฃู ุงููุฌุฑ ูู
ูุทูุน ูุตูู
ู ุตุญูุญุ ูู
ุง ุฑุฃูู ููู
ู ุฃูู ูุจู ุบุฑูุจ ุงูุดู
ุณุ ู
ุคุฐู ุฃุฐู ูุจู ุงูููุช ุธูุงู ุฃู ุงูู
ุบุฑุจ ูุฏ ุฏุฎู ูุฃููุ ููู
ุง ุชุจูู ูู ูุฅุฐุง ุงูู
ุบุฑุจ ูู
ูุฃุช ููู ูููู ุจูุณุงุฏ ุตูู
ูุ
ุงูุฌูุงุจ:
ูุง. ูููู ุจุตุญุฉ ุตูู
ู. ูุงูุณุงุฆู ูุงู ุฌุงููุงู ูุตูู
ู ุตุญูุญุ ููู ูุฐุง ูุต ุจุนููู ุชููู ุฃุณู
ุงุก ุจูุช ุฃุจู ุจูุฑ ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง: (ุฃูุทุฑูุง ูู ุนูุฏ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุนูู ุขูู ูุณูู
ูู ููู
ุบูู
ุซู
ุทูุนุช ุงูุดู
ุณ ููู
ูุคู
ุฑ ุจุงููุถุงุก).
ุงูู
ุตุฏุฑ: ุณูุณูุฉ ููุงุกุงุช ุงูุจุงุจ ุงูู
ูุชูุญ > ููุงุก ุงูุจุงุจ ุงูู
ูุชูุญ [222]
๐ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com
๐ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah