๐Ÿ”†๐Ÿ—ƒ BEBERAPA PERKARA YANG MENYELISIHI SUNNAH DI HARI JUMAT (BAGIAN 1) ๐Ÿ—ƒ๐Ÿ”†

๐Ÿ”†๐Ÿ—ƒ BEBERAPA PERKARA YANG MENYELISIHI SUNNAH DI HARI JUMAT ๐Ÿ—ƒ๐Ÿ”†

โ€ข BAGIAN 1 : ๐Ÿคฒ๐Ÿผโ›” BERDOA MENGANGKAT KEDUA TANGAN KETIKA KHUTBAH JUMAT TIDAK DISYARIATKAN โ›”๐Ÿคฒ๐Ÿผ

โ“Pertanyaan :

๐Ÿคฒ๐Ÿผโ“”Apa hukum berdoa mengangkat tangan saat khotib berdoa untuk kaum muslimin pada khutbah yang kedua? mohon dijelaskan beserta dalilnya. Semoga Allah memberi balasan kebaikan kepada anda.

โœ๐Ÿป Jawaban :

โ›” “Berdoa dengan mengangkat kedua tangan tidak disyariatkan, tidak pada khutbah Jumat maupun khutbah Ied, tidak pula oleh imam maupun oleh makmumnya.

๐Ÿ”‡ Sesungguhnya yang disyariatkan hanyalah dengan diam mendengarkan khotib berkhutbah dan mengaminkan doanya dengan lirih, hanya dia sendiri yang mendengar tanpa mengeraskan suaranya.

โ›” Adapun mengangkat kedua tangannya ketika berdoa, maka ini tidak disyariatkan, karena Nabi ๏ทบ tidak berdoa dengan mengangkat kedua tangan ketika khutbah Jumat, tidak pula pada khutbah-khutbah ied lainnya.

๐Ÿ’ก Ketika sebagian sahabat melihat ada sebagian penguasa yang mengangkat kedua tangannya ketika berdoa pada khutbah Jumat, mereka mengingkarinya, dan mereka katakan, “Nabi ๏ทบ tidak pernah melakukan hal tersebut.”

โœ” Memang betul hal itu dilakukan ketika beristighosah pada khutbah Jumat saat doa meminta turun hujan (istisqo’), maka saat itu disyariatkan mengangkat kedua tangannya saat beristighosah – yakni ketika meminta diturunkan hujan- karena Nabi ๏ทบ pun mengangkat kedua tangannya pada keadaan tersebut.

๐Ÿคฒ๐Ÿผ Oleh karena itu, ketika doa meminta hujan pada khutbah Jumat atau khutbah Ied, maka disyariatkan dengan mengangkat kedua tangannya dalam rangka mengikuti Nabi ๏ทบ.

๐Ÿ“ผ Dalam rekaman Nurun ‘alad Darb – kaset no.1-
๐Ÿ“š Majmu’ Fatawa wa Maqolat Asy Syaikh Ibnu Baz -rahimahullah- (12/338)


ุฑูุน ุงู„ูŠุฏูŠู† ุบูŠุฑ ู…ุดุฑูˆุน ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ

ุณ: ู…ุง ุญูƒู… ู…ู† ูŠุฑูุน ูŠุฏูŠู‡ ูˆุงู„ุฎุทูŠุจ ูŠุฏุนูˆ ู„ู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ููŠ ุงู„ุฎุทุจุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ู…ุน ุงู„ุฏู„ูŠู„ุŒ ุฃุซุงุจูƒู… ุงู„ู„ู‡ุŸ

ุฌ: ุฑูุน ุงู„ูŠุฏูŠู† ุบูŠุฑ ู…ุดุฑูˆุน ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูˆู„ุง ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ู„ุง ู„ู„ุฅู…ุงู… ูˆู„ุง ู„ู„ู…ุฃู…ูˆู…ูŠู†ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ุงู„ู…ุดุฑูˆุน ุงู„ุฅู†ุตุงุช ู„ู„ุฎุทูŠุจ ูˆุงู„ุชุฃู…ูŠู† ุนู„ู‰ ุฏุนุงุฆู‡ ุจูŠู†ู‡ ูˆุจูŠู† ู†ูุณู‡ ู…ู† ุฏูˆู† ุฑูุน ุตูˆุชุŒ ูˆุฃู…ุง ุฑูุน ุงู„ูŠุฏูŠู† ูู„ุง ูŠุดุฑุนุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ู„ู… ูŠูƒู† ูŠุฑูุน ูŠุฏูŠู‡ ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูˆู„ุง ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฃุนูŠุงุฏ.
ูˆู„ู…ุง ุฑุฃู‰ ุจุนุถ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุจุนุถ ุงู„ุฃู…ุฑุงุก ูŠุฑูุน ูŠุฏูŠู‡ ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฃู†ูƒุฑ ุนู„ูŠู‡ ุฐู„ูƒุŒ ูˆู‚ุงู„: ู…ุง ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ูŠุฑูุนู‡ู…ุง ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู….
ู†ุนู… ุฅุฐุง ูƒุงู† ูŠุณุชุบูŠุซ ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ู„ู„ุงุณุชุณู‚ุงุกุŒ ูุฅู†ู‡ ูŠุฑูุน ูŠุฏูŠู‡ ููŠ ุญุงู„ ุงู„ุงุณุชุบุงุซุฉ -ุฃูŠ ุทู„ุจ ู†ุฒูˆู„ ุงู„ู…ุทุฑ-ุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ูƒุงู† ูŠุฑูุน ูŠุฏูŠู‡ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุงู„ุฉุŒ ูุฅุฐุง ุงุณุชุณู‚ู‰ ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฃูˆ ููŠ ุฎุทุจุฉ ุงู„ุนูŠุฏ ูุฅู†ู‡ ูŠุดุฑุน ู„ู‡ ุฃู† ูŠุฑูุน ูŠุฏูŠู‡ ุชุฃุณูŠู‹ุง ุจุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…[1].

ู…ู† ุจุฑู†ุงู…ุฌ (ู†ูˆุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุฏุฑุจ) ุงู„ุดุฑูŠุท ุฑู‚ู… (1). (ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆู…ู‚ุงู„ุงุช ุงู„ุดูŠุฎ ุงุจู† ุจุงุฒ 12/ 338).

http://www.binbaz.org.sa/mat/1317

โž–โž–โž–

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.