Tentang

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Ta’ala. Rabb semesta alam. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarganya serta para sahabatnya nan mulia.

Atas pertolongan Allah Ta’ala, website SalafyCirebon.com dibuat untuk memenuhi kebutuhan umat yang sedemikian besar terhadap ilmu dan informasi dakwah, maka dengan tawakal kepada Allah Ta’ala kami luncurkan SalafyCirebon.com kepada pembaca. Meski dengan upaya tersebut, masih terasa banyak kekurangan yang perlu disempurnakan.

Di tengah derasnya arus fitnah, percikan syubuhat dan syahwat bertebaran di mana-mana, tak sedikit manusia yang terseret ke dalam kebatilan. Manusia terseok dalam kegelapan. Tanpa bimbingan ilmu, mereka jatuh tersungkur memperhamba hawa nafsunya. Tindak tanduknya tak mencerminkan sebagai seorang hamba yang takut kepada Al-Khaliq.

Dalam suasana semacam itu, memberi bimbingan kepada umat adalah sesuatu yang teramat urgen. Di atas kerangka itulah SalafyCirebon.com berupaya berkiprah untuk turut memberi arahan.  SalafyCirebon.com berupaya menebar kebajikan dengan manhaj yang jelas tegas, manhaj salafu ash-shalih. Sebab, tidaklah akan menjadi baik keadaan umat ini kecuali dengan mengikuti apa yang telah dilakukan oleh orang-orang terdahulu (salafus ash-shalih).

Manhaj salaf adalah sebuah metodologi memahami Islam. Metodologi yang merujuk kepada apa yang dibawa oleh para sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in. Tiga generasi inilah yang telah dinyatakan sebagai generasi terbaik oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salla. Dalam sebuah hadits dari Abu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah pernah bersabda (artinya):

“Sebaik-baik manusia adalah pada kurunku. Kemudian orang-orang yang berikutnya, lantas orang-orang yang berikutnya.” (HR. Al-Bukhari)

Tentu, tiadalah yang kami harap dari upaya ini kecuali mengharap wajah-Nya semata. Semoga bulir-bulir kebajikan yang kami tebar bisa menjadi penentu arah dalam meniti kehidupan. Bisa menjadi tali kendali dalam mengarungi dunia nan sarat syubhat dan syahwat. Bisa menjadi setitik cahaya di tengah fitnah, sulit terlihat bagai semut hitam berjalan di seonggok batu legam di tengah malam nan gulita.

Mudah-mudahan Allah Ta’ala menerima amal usaha kami ini sebagai amal shalih. Atas segala keterbatasan dan kekurangan yang ada, tentu kami memohon maaf. Tiada gading yang tak retak. Sesungguhnya, manusia dicipta dalam keadaan serba memiliki keterbatasan. Manusia bersifat lemah. Wallahu ‘a’lam.

35 comments

  • hafidzah

    Assalamualaikum. Ini ada yang sederajat SMA gak? Klo ga ada, tolong informasi mengenai pesantren salafi sederajat SMA yang masih membuka pendaftaran. Jazakillah khairan..

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Untuk usia 17 tahun ke atas sebaiknya masuk TD (tadribud duat). Jenjang ini khusus untuk putra dengna sistem mulazamah bersama asatidzah.

  • Fauzan

    Assalamu’alaykum,
    Afwan sebelumnya, ana mau mendaftar di ma’had ini tapi sepertinya sudah sangat terlambat.
    Apa ana masih bisa mendaftar?
    Jazakallah khair

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
      afwan baru membalas surat antum.
      kapan pun antum bisa datang ke pondok.
      silakan kontak hp yang sudah disediakan di situs ini.

  • Abu Hamka Tangerang

    Bismillah, afwan ana mau tanya, apakah ada kelas khusus untuk santri umur 6 tahun? Jazakallah Khairan

    • admin

      Ada kelas setingkat TK.

    • Abu Hamka Tangerang

      Bismillah, afwan akh, Qodarullah jika ana & keluarga ingin tinggal di sekitar ma’had, apakah ana harus izin langsung ke ustadz Muhammad Umar As Sewed ? apakah harus ada rekomendasi dari ustadz tempat ana ta’lim( Ustad Abdul Malik Tangerang)? Jazakallah Khairan

  • abu fikri

    Bismillah, afwan ana mau tnya adakah bbm group sunnah di Dhiyaus sunnah, dlm rangka mempererat komunikasi di antara para ikhwan. Jazakumullohkhoiron.

  • Sarih Sarihbinminan

    Assalamualaikum…brp kira2 biaya untuk anak 6thn jika mondok…apa saja syarat y…jazakallahu khoir…

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
      Usia 6th mungkin tepatnya kelas 1 SD/MTT.
      Biaya pendaftaran 30rb, SPP 100rb/bln, uang gedung 500rb dibayar di awal.
      Info selengkapnya silakan datang ke mahad, alamatnya tertera di footer (bawah) website. Hayyakallah.

  • Mulki abdul wahab

    Ustadz ana pingin belajar manhaj salaf, tpi ortu ana hanya buruh tani, ana bingung masalah biaya,sekarang kelas 3 MA,apakah boleh saya daftar jadi santri disini.

  • Safrudin

    Bismillah. afwan, minta solusinya, ana ni kendala mau belajar, tetapi masalahnya biaya dan izin dari orang tua yang maunya ana harus tes pegawai, apa solusi terbaik agar orang tua ana ridho untuk ana belajar dan tidak tes pegawai?? baarokAllaahu fiikum..

  • abu akma

    assalamu’alaikum.. baarokallohu fiikum.. afwan, ana mau tanya, berapa biaya masuk dan bulanan di MTS (mutawassithah ) / setingkat smp di Ma’had Dhiyaussunnah.. syukron

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullah.
      Untuk biaya pendaftaran,uang pangkal, spp dan lain-lain bisa menghubungi kontak person yang ada…barokallahu fiikum

  • Bismillah. Kepada admin salafycirebon.com ada beberapa hal yang ingin ana konsultasikan berkaitan media dakwah di internet dan juga radio. Kiranya berkenan ana memohon email atau nomor hape atau pin BB yang bisa ana hubungi. Jazakumullah khairan.

  • Hari Suryana

    Assalamualaikum.wr.wb
    ingin bertanya mengenai sdr kita yang ada di myanmar rohinya di sana islam dan umat islam dibantai dan dibunuh oleh kaum budhis bagaimana sikap para ulama salafi dalam kasus rohinya myanmar? makasih.

    • Abu Harits Faishol

      Kita membantu dan menolong mereka dengan apa yang kita bisa.
      Para ulama menasihatkan agar kita mendoakan mereka, Qunut Nazilah dan membantu mereka dgn maal.
      Wallahu A’lam.
      (Dijawab oleh Al-Ustadz Muhammad bin Umar As-Sewed -hafidzahullah-)

  • Faisal

    Bismillah…
    Afwan…. di sini ada program Lughoh 1 tahun gak ?
    Kalau ada berapa biaya semesternya ?
    Jazzakumullah khoiir

    • admin

      silakan kontak langsung kepada panitia.
      Informasi pendaftaran :
      Abdulloh toto
      081395688853

      Abu hisyam
      087729746853

      Abu zaid kusnendi
      085318337714

  • Assalamu’alaikum ana mau minta alamat ma’had?

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Mahad Dhiyaus Sunnah Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq Jl. Elang Raya, Dukuh Semar, Kecapi, Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat SMS/Whatsapp: 0813-1222-2345

  • Ibnu Rahmadi

    Assalamualaykum, saya ingin sekali belajar di Ma’had secara intensif terutama lughoh dari dasar. namun usia saya 25th. apakah masih bisa?

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Bisa insyaAllah. Antum datang saja ke mahad dhiyaus sunnah.
      kajian rutin tiap malam senin-rabu, ahad pagi.

      • Hadi

        Assalamualaikum ya akhi.. Ana mau nanya siapa daftar nama qari yang sering di putar di radio? Mohon infonya jazakumullahu khairan

        • Abu Raihan

          Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
          Nama Qori yang sering diputar di Radhi AdhDhiya antara lain: Syaik Ahmad Nafis, Syaik Hani Ar Rifai, Syaikh Salman al utaybi, Syaikh Abdul Aziz az Zahrani.

  • Hamba Allah

    Bismillah….
    Assalamu’alaykum warohmatullah
    ana mau tanya apakah di ma’had cirebon jg menerima santri usia lanjut, seperti mahasiswa yg baru tamat kuliah?
    karena ana yg baru mengenal dakwah salaf mempunyai keinginan utk tholabul ilmi syar’i dan skrg kondisi ana belum mendapat restu org tua, Sehingga harus menamatkan kuliah terlebih dahulu..
    Mohon informasi dan nasehatnya
    Barokallohufiikum

    • admin

      Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Di sini ada beberapa ikhwan yang sudah berkeluarga belajar membaca alquran kepada ustadz. Bahkan ada yg sdh pensiunan rutin hadir di majelis taklim, semangat sekali.
      Semoga Antum dimudahkan jalan menuju kebaikan dan semangat menimba ilmu syar’i.
      Barakallahu fiik

  • abu zaid

    bismillah, mau tanya ada nggak informasi tentang program pendidikan di ma’had ini? jazaakumullahu khairan

  • salim

    bismillah, maaf ustadz. kalau untuk laki-laki yang sudah menikah ada programnya tidak? apakah tidak apa-apa meninggalkan istri sendirian dirumah jika harus mondok?

  • mu'el

    assalamualaikum…
    ane mau tanya, setelah lulus dari SMA kalau masuk situ bisa nggak, soalnya ane ingin bisa bahasa Arab.., terus byanya berapa…

  • Nur Shahira Amira

    Assalamualaikum

    Saya gadis dari malaysia, baru sahaja mengenali namanya manhaj salaf ini. Saya tak punya teman2 dekat yang bermanhaj salafi. Di malaysia ramainya dari golongan khawarij. Usia saya telah menjangkau kpd usia orang yang diharuskan menikah tapi saya masih bingung. Dari mana saya mahu mencari bakal suami dari kalangan salaf sedangkan saya sangat berkeinginan mana mencari bakal suami dari kalangan salafi sendiri. Dari kecil saya dibesarkan dari keluarga yg sederhana terus apakah nasihat tuan agar saya terus berjalan di atas manhaj ini seorang diri dan bagaiman utk saya lakukan bg mendapatkan calon suami salafi sendiri?

    • Abu Harits Faishol

      Semoga tetap istiqomah diatas Manhaj Salaf dan mendapatkan suami yg diinginkan.
      Terus thalabul ilmi dgn media-media yg ada.
      (Dijawab Oleh Ustadz Abu Musa -hafidzahullah-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *