๐Ÿ•ฐ๐Ÿคฒ๐Ÿผ WAKTU DIKABULKANNYA DOA PADA HARI JUMAT ๐Ÿคฒ๐Ÿผ๐Ÿ•Œ

๐Ÿ•ฐ๐Ÿคฒ๐Ÿผ WAKTU DIKABULKANNYA DOA PADA HARI JUMAT ๐Ÿคฒ๐Ÿผ๐Ÿ•Œ

๐Ÿ•ฐ Waktu yang paling diharapkan dikabulkannya doa pada hari jumat adalah ketika shalat jumat, yang demikian itu karena beberapa sebab:

๐Ÿ”ต Pertama : karena perkara ini telah ada penjelasannya dalam Shahih Muslim dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al Asy’ari -radhiyallahu ‘anhu-.

๐Ÿ”ต Kedua: bahwa pada saat itu berkumpulnya kaum muslimin pada satu ibadah yang sama dan satu komando yang sama yaitu dengan satu imam. Berkumpulnya mereka ini menjadikan lebih dekat untuk dikabulkannya doa, seperti pada hari Arafah.

โœŠ๐Ÿผ Oleh karena itu bersemangatlah wahai saudaraku untuk berdoa pada waktu ini, yaitu ketika shalat Jum’at. Dimulai waktu mustajab ini sejak imam mulai masuk sampai selesai ditunaikannya shalat.

๐Ÿ”Ž Mari kita lihat sekarang, kapan kita berdoa? (Jawabannya) Ada beberapa tempat, yaitu ;

๐Ÿท Setelah dikumandangkannya adzan, pada waktu itu kamu berdoa setelah adzan :
(ุงู„ู„ู‡ู… ุฑุจ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ุงู„ุชุงู…ุฉ …)
“Ya Allah Rabb pemilik seruan yang sempurna ini…”dst
Kemudian kamu membaca doa yang kamu kehendaki.

๐Ÿท Di antara 2 khutbah, silahkan kamu berdoa kepada Allah dengan apa yang kamu kehendaki.

๐Ÿท Di tengah-tengah shalat pada waktu sujud.

๐Ÿท Setelah membaca tasyahud.

๐Ÿคฒ๐Ÿผ Maka ambillah kesempatan itu untuk berdoa pada waktu shalat Jum’at, mudah-mudahan kamu mencocoki waktu dikabulkannya doa.

๐ŸŒค Namun masih ada waktu lain yang bisa kamu harapkan untuk dikabulkannya doa pada hari Jum’at tersebut, yaitu : setelah shalat Ashar sampai terbenamnya matahari.”

๐Ÿ“– Secara ringkas dari Durus wal Fatawa Al Haramil Madani, tahun 1416 H oleh Ibnu Utsaimin -rahimahullah-

________

๐ŸŒฟุณุงุนุฉ ุงู„ุฅุฌุงุจุฉ ูŠูˆู… #ุงู„ุฌู…ุนุฉ๐ŸŒฟ

ุฃุฑุฌู‰ ุณุงุนุงุช ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุจุงู„ุฅุฌุงุจุฉ ู‡ูŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุตู„ุงุฉุŒ ูˆุฐู„ูƒ ู„ุฃู…ูˆุฑ :
๐Ÿ“—ุฃูˆู„ุงู‹: ู„ุฃู† ุฐู„ูƒ ุฌุงุก ููŠ ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ู…ูˆุณู‰ ุงู„ุฃุดุนุฑูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡.

๐Ÿ“™ูˆุซุงู†ูŠุงู‹: ุฃู† ู‡ุฐุง ุงุฌุชู…ุงุน ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุนู„ู‰ ุนุจุงุฏุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ุจู‚ูŠุงุฏุฉ ูˆุงุญุฏุฉุŒ ูŠุนู†ูŠ : ุฅู…ุงู… ูˆุงุญุฏุŒ ูˆู‡ุฐุง ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ูŠูƒูˆู† ุฃู‚ุฑุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฅุฌุงุจุฉุŒ ูƒูŠูˆู… ุนุฑูุฉ.

๐Ÿ“—ู„ุฐู„ูƒ ุงุญุฑุต ูŠุง ุฃุฎูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ุฏุนุงุก ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูˆู‚ุช ุŒ ูˆู‡ูˆ ูˆู‚ุช ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉุŒ ูˆุชุฏุฎู„ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุณุงุนุฉ ู…ู† ุญูŠู† ุฃู† ูŠุฏุฎู„ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฅู„ู‰ ุฃู† ุชู‚ุถู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉุŒ ูู„ู†ู†ุธุฑ ุงู„ุขู† ู…ุชู‰ ู†ุฏุนูˆ ุŸ ู‡ู†ุงูƒ ู…ูˆุงุทู†:
โ€ข ุจุนุฏ ุงู„ุฃุฐุงู† ู‡ู†ุงูƒ ุฏุนุงุกุŒ ุชู‚ูˆู„ ุจุนุฏ ุงู„ุฃุฐุงู† : (ุงู„ู„ู‡ู… ุฑุจ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ุงู„ุชุงู…ุฉ …)ุŒ ุซู… ุชุฏุนูˆ ุจู…ุง ุดุฆุช.
โ€ข ุจูŠู† ุงู„ุฎุทุจุชูŠู† ุชุฏุนูˆ ุงู„ู„ู‡ ุจู…ุง ุดุฆุช.
โ€ข ุฃุซู†ุงุก ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ุงู„ุณุฌูˆุฏ.
โ€ข ุจุนุฏ ุงู„ุชุดู‡ุฏ.

๐ŸŒด ูุงู†ุชู‡ุฒ ุงู„ูุฑุตุฉ ููŠ ุงู„ุฏุนุงุก ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ู„ุนู„ูƒ ุชุตุงุฏู ุณุงุนุฉ ุงู„ุฅุฌุงุจุฉ.
ู‡ู†ุงูƒ ุฃูŠุถุงู‹ ุณุงุนุฉ ุฃุฎุฑู‰ ุชุฑุฌู‰ ููŠู‡ุง ุงู„ุฅุฌุงุจุฉ ู…ู† ู†ูุณ ุงู„ูŠูˆู… ุŒ ูˆู‡ูŠ : ู…ุง ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ ุฅู„ู‰ ุฃู† ุชุบุฑุจ ุงู„ุดู…ุณ.

โ˜ ุจุงุฎุชุตุงุฑ ู…ู† ” ุฏุฑูˆุณ ูˆูุชุงูˆู‰ ุงู„ุญุฑู… ุงู„ู…ุฏู†ูŠ ุนุงู… 1416ู‡ู€ ู„ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ “.

โ€ขโ”ˆโ€ขโ—ˆโ—‰โœนโ’๐Ÿ“šโ’โœนโ—‰โ—ˆโ€ขโ”ˆโ€ข
ู‚ูŽู†ูŽุงุฉู :ใ€ููˆุงุฆุฏ ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู†ใ€‘

https://t.me/othaymen/197

โž–โž–โž–

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.