TANYA JAWAB TENTANG AQIDAH
———————————–
??? TAUHID RUBUBIYYAH BAGIAN I

[توحيد الربوبية]
س: ما هو توحيد الربوبية؟

Pertanyaan:

✅ Apa yang dimaksud dengan tauhid rububiyyah*?

جـ: هو الإقرار الجازم بأن الله تعالى رب كل شيء ومليكه وخالقه ومدبره والمتصرف فيه،

Jawaban:

? Tauhid rububiyyah ialah menetapkan dengan pasti bahwa Allah Ta’ala adalah Rabb** segala sesuatu, Penguasanya, Penciptanya, Pengaturnya dan Yang bertindak padanya.

لم يكن له شريك في الملك، ولم يكن له ولي من الذل، ولا راد لأمره ولا معقب لحكمه، ولا مضاد له ولا مماثل، ولا سمي له ولا منازع في شيء من معاني ربوبيته، ومقتضيات أسمائه وصفاته،

? Allah tidak memiliki sekutu dalam kekuasaan-Nya. Tidak butuh kepada penolong (karena Allah tidak memiliki kerendahan dan kekurangan sama sekali, pent). Tidak ada yang bisa menolak keputusan-Nya dan tidak ada yang bisa merevisi hukum-Nya. Tidak ada yang sebanding dan setara dengan-Nya. Tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada seorangpun yang bisa mengambil makna-makna rububiyyah-Nya dan kandungan nama-nama serta sifat-sifat-Nya yang mulia.

قال الله تعالى: {الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ} [الأنعام: ١] الآيات، بل السورة كلها،

? Allah Ta’ala berfirman,

{Segala puji hanya milik Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi dan telah menjadikan kegelapan dan cahaya}. QS. Al An’am: 1 sampai akhir ayat,

? Bahkan seluruh surat Al Qur’an menunjukkan rububiyyah Allah ‘azza wajalla.

وقال تعالى: {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} [الفاتحة: ٢].

? Allah Ta’ala juga berfirman,

{Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam}. QS. Al Fatihah: 2.

وقال تعالى: {قُلْ مَنْ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ قُلِ اللَّهُ قُلْ أَفَاتَّخَذْتُمْ مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ لَا يَمْلِكُونَ لِأَنْفُسِهِمْ نَفْعًا وَلَا ضَرًّا قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَى وَالْبَصِيرُ أَمْ هَلْ تَسْتَوِي الظُّلُمَاتُ وَالنُّورُ أَمْ جَعَلُوا لِلَّهِ شُرَكَاءَ خَلَقُوا كَخَلْقِهِ فَتَشَابَهَ الْخَلْقُ عَلَيْهِمْ قُلِ اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ} [الرعد: ١٦] الآيات.

? Juga firman Allah Ta’ala,

{Katakan, “Siapakah Rabb langit dan bumi?” Jawabnya, “Allah.” Maka, apakah pantas bagi kalian untuk mengambil penolong-penolong selain Allah yang mana mereka tidak bisa memberikan manfaat dan mudharat bagi diri mereka sendiri!? Katakan, “Apakah sama antara orang yang buta dengan orang yang bisa melihat!? Atau apakah sama antara kegelapan dengan cahaya!? Atau mereka ingin menjadikan tandingan-tandingan bagi Allah yang mana mereka mencipta seperti ciptaan Allah sehingga dua ciptaan tersebut sama di mata mereka. Katakanlah, “Allah adalah Pencipta segala sesuatu. Dialah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa}. QS. Ar Ra’du: 16. Al ayat.
==========
?? 200 Soal Tanya Jawab Tentang Aqidah Islam Oleh: Asy Syaikh Hafidz bin Ahmad Al Hakami rahimahullahu ta’ala.
—————
* Rububiyyah ialah yang berkaitan dengan sifat-sifat ketuhanan, seperti: mencipta, mengatur, mematikan, menguasai, memberikan rezeki dan yang lainnya.

** Rabb di antara maknanya ialah yang memiliki dan menguasai. Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan kata Tuhan.

➖➖➖

? WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
? Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

? Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.