๐ŸŒธ SILSILAH TAUHID ASMA WA SIFAT (Bag. 3)

๐ŸŒธ SILSILAH TAUHID ASMA WA SIFAT (3)

โœ Oleh Asy-Syaikh Al-Allamah Ibnu Baaz rahimahullah

โ“โ“ Tanya:
Makna dari sabda Rasulullah ๏ทบ: “Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama (99 nama), barangsiapa yang menghitungnya niscaya akan masuk surga”, apakah kalimat “barangsiapa yang menghitungnya” yang ada pada hadits ini maknanya adalah menghafalnya ataukah hanya membacanya?

๐ŸŽ™ Jawab:
Makna kalimat ” barangsiapa yang menghitungnya” ialah barangsiapa menghafalnya dan mengokohkannya niscaya dia akan masuk surga. Menghitungnya yaitu dengan menghafalnya dan mengamalkan konsekuensinya.

โ–ชAdapun seandainya ia sudah menghitungnya tapi tidak mengamalkannya tidak pula beriman dengan nama-nama tersebut maka semua itu tidak bermanfaat baginya. Maka masuk pada makna menghitungnya adalah menghafalnya dan juga mengamalkan maknanya.

๐Ÿ“Maka kewajiban bagi seseorang yang mendapatkan taufik untuk bisa menghitungnya dan menghafalnya adalah mengamalkan konsekuensinya, sehingga
ia menjadi seorang yang penyayang, dan juga mengamalkan konsekuensi dari nama-nama yang lainnya.

โžกIa beriman bahwa Allah maha mulia, maha hikmah, maha lembut dan maha penyayang, maha mampu dan maha mengetahui segala sesuatu.
Ia beriman dengan semua itu.

โžกKemudian, ia selalu merasa diawasi oleh Allah ta’ala dan merasa takut kepada Allah, sehingga ia tidak terus-menerus di atas kemaksiatan yang Allah pasti mengetahuinya, bahkan dia akan menghindari kemaksiatan-kemaksiatan dan menjauh darinya serta menjauh dari kekufuran kepada Allah dengan semua jenisnya, dan perkara-perkara yang lainnya.

๐Ÿ“š Sumber: Fatawa Nur ala Darb Jilid 1 Hal 109

#ุณู„ุณู„ุฉุชูˆุญูŠุฏุงู„ุฃุณู…ุงุก_ูˆุงู„ุตูุงุช

ุงู„ุฏุฑูˆุณ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ
ุชูˆุญูŠุฏ ุงู„ุฃุณู…ุงุก ูˆุงู„ุตูุงุช 3

ู…ุนู†ู‰ ู‚ูˆู„ู‡ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… -: ยซุฅู† ู„ู„ู‡ ุชุณุนุฉ ูˆุชุณุนูŠู† ุงุณู…ุงุŒ ู…ุงุฆุฉ ุฅู„ุง ูˆุงุญุฏุงุŒ ู…ู† ุฃุญุตุงู‡ุง ุฏุฎู„ ุงู„ุฌู†ุฉยป. ู‡ู„ ูƒู„ู…ุฉ “ุฃุญุตุงู‡ุง” ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ุนู†ุงู‡ุง ุญูุธู‡ุงุŸ ุฃู… ู‚ุฑุงุกุชู‡ุง ูู‚ุทุŸ

ุงู„ุฌูˆุงุจ : ู…ุนู†ู‰ ” ุฃุญุตุงู‡ุง ” ุฃูŠ ุญูุธู‡ุง ูˆุฃุชู‚ู†ู‡ุง ุฏุฎู„ ุงู„ุฌู†ุฉ. ูˆุฅุญุตุงุคู‡ุง ูŠูƒูˆู† ุจุญูุธู‡ุงุŒ ูˆูŠูƒูˆู† ุจุงู„ุนู…ู„ ุจู…ู‚ุชุถุงู‡ุง.
ุฃู…ุง ู„ูˆ ุฃุญุตุงู‡ุงุŒ ูˆู…ุง ุนู…ู„ ุจู…ู‚ุชุถุงู‡ุงุŒ ูˆู„ุง ูŠุคู…ู† ุจู‡ุงุก – ูุฅู†ู‡ุง ู„ุง ุชู†ูุนู‡ุŒ ูุงู„ุฅุญุตุงุก ูŠุฏุฎู„ ููŠู‡ ุญูุธู‡ุงุŒ ูˆูŠุฏุฎู„ ููŠู‡ ุงู„ุนู…ู„ ุจู…ุนู†ุงู‡ุง. ูุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ู…ู† ูˆูู‚ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู„ุฅุญุตุงุฆู‡ุง ูˆุญูุธู‡ุง ุฃู† ูŠุนู…ู„ ุจู…ู‚ุชุถุงู‡ุงุŒ ููŠูƒูˆู† ุฑุญูŠู…ุงุŒ ูˆูŠูƒูˆู† ุฃูŠุถุง ุนุงู…ู„ุง ุจู…ู‚ุชุถู‰ ุจู‚ูŠุฉ ุงู„ุฃุณู…ุงุก. ูŠุคู…ู† ุจุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุนุฒูŠุฒ ุญูƒูŠู…ุŒ ุฑุกูˆู ุฑุญูŠู…ุŒ ู‚ุฏูŠุฑ ุนุงู„ู… ุจูƒู„ ุดูŠุก.
ูŠุคู…ู† ุจุฐู„ูƒุŒ ุซู… ูŠุฑุงู‚ุจ ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆูŠุฎุงู ุงู„ู„ู‡ุŒ ูู„ุง ูŠุตุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุนุงุตูŠ ุงู„ุชูŠ ูŠุนู„ู…ู‡ุง ุฑุจู‡ุŒ ุจู„ ูŠุญุฐุฑ ุงู„ู…ุนุงุตูŠุŒ ูˆูŠุจุชุนุฏ ุนู†ู‡ุง ูˆุนู† ุงู„ูƒูุฑ ุจุงู„ู„ู‡ ูƒู„ู‡ ุจุฃู†ูˆุงุนู‡ุŒ ุฅู„ู‰ ุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ

ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ูุชุงูˆู‰ ู†ูˆุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุฏุฑุจ ู„ุงุจู† ุจุงุฒ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุฌ1 ุต 109

โž–โž–โž–

๐ŸŒŽ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐Ÿ–ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

๐Ÿ“ณ Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.