Bulan Ramadhan memiliki beberapa keutamaan, diantaranya:
1โฃBulan al-Quran
ุดูููุฑู ุฑูู ูุถูุงูู ุงูููุฐูู ุฃูููุฒููู ููููู ุงููููุฑูุขููู ููุฏูู ููููููุงุณู ููุจููููููุงุชู ู ููู ุงููููุฏูู ููุงููููุฑูููุงูู…
Bulan Ramadhan adalah (bulan) diturunkannya al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas berupa petunjuk dan pembeda (al-haq dengan al-bathil)โฆ (QS al-Baqoroh:185)
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam pada bulan Ramadhan setiap malam selalu bertadaarus al-Quran dengan Jibril.
ููููุงูู ุฌูุจูุฑูููู ููููููุงูู ููู ููููู ููููููุฉู ู ููู ุฑูู ูุถูุงูู ููููุฏูุงุฑูุณููู ุงููููุฑูุขูู
Jibril menemui Nabi setiap malam di bulan Ramadhan dan mengajarkan/menyimak bacaan al-Quran (dari beliau)(HR alBukhari)
Tadaarus al-Quran adalah proses belajar menepatkan bacaan al-Quran. Satu orang membaca, yang lain menyimak. Bisa dengan hafalan, atau dengan melihat mushaf. Bisa dalam hal pengucapan (kaidah-kaidah qiroโah dan tajwid) atau pemahaman makna. Sebagian Ulamaโ menjelaskan bahwa tadaarus al-Quran antara Nabi dengan Jibril tersebut adalah keduanya saling membaca dan menyimak bergantian. Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Baari.
Tujuan utama tadaarus adalah belajar menepatkan bacaan. Karena itu tidak benar jika tadaarus dijadikan ajang balapan bacaan, sesegera mungkin ingin menyelesaikan, tanpa memperhatikan benar tidaknya pengucapan lafadz al-Quran. Selain itu, tadaarus di masjid tidak perlu menggunakan pengeras suara yang bisa mengganggu kaum muslimin lain di sekitarnya yang sebagian mereka ada yang berdzikir, membaca al-Qurโan atau bahkan sholat.
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam pernah memperingatkan para Sahabat yang sholat dan mengeraskan bacaan qurโannya sehingga mengganggu Sahabat lain yang juga sedang sholat
ุนููู ุฃูุจูู ุณูุนููุฏู ููุงูู ุงุนูุชููููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููุณูู ูุนูููู ู ููุฌูููุฑูููู ุจูุงููููุฑูุงุกูุฉู ููููุดููู ุงูุณููุชูุฑู ููููุงูู ุฃูููุง ุฅูููู ูููููููู ู ู ูููุงุฌู ุฑูุจูููู ููููุง ููุคูุฐูููููู ุจูุนูุถูููู ู ุจูุนูุถูุง ููููุง ููุฑูููุนู ุจูุนูุถูููู ู ุนูููู ุจูุนูุถู ููู ุงููููุฑูุงุกูุฉู
Dari Abu Said beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam beriโtikaf di masjid kemudian beliau mendengar para Sahabat mengeraskan bacaan. Kemudian beliau menyingkap tirai, dan bersabda: Ingatlah, setiap kalian sedang bermunajat kepada Tuhannya. Maka jangan sekali-kali sebagian mengganggu yang lain. Jangan mengeraskan bacaan satu sama lain (H.R Abu Dawud no 1135, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, al-Hakim, adz-Dzahaby dan al-Albany)
Ramadhan adalah bulan al-Quran. Karena itu para Ulama Salaf semakin menyibukkan diri dengan al-Quran di bulan Ramadhan. Waktu mereka banyak terisi dengan bacaan al-Quran, terlebih di waktu malam.
2โฃDibuka pintu surga, ditutup pintu neraka.
3โฃSyaithan dibelenggu
Dalil untuk poin 2 dan 3, adalah hadits:
ุฅูุฐูุง ุฏูุฎููู ุฑูู ูุถูุงูู ููุชููุญูุชู ุฃูุจูููุงุจู ุงููุฌููููุฉู ููุบููููููุชู ุฃูุจูููุงุจู ุฌููููููู ู ููุณูููุณูููุชู ุงูุดููููุงุทูููู
Jika datang bulan Ramadhan, dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu Jahannam, dan dibelenggu para Syaithan (H.R alBukhari dan Muslim)
Jika ada pertanyaan: โJika Syaithan telah terbelenggu, mengapa di bulan Ramadhan masih ada kemaksiatanโ?
Jawabannya adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh al-Imam al-Qurthuby:
1) Berkurangnya kemaksiatan terjadi pada orang-orang yang menjalankan shoum dengan benar, memenuhi syarat-syarat dan adab-adabnya dengan baik.
2) Yang dibelenggu tidaklah semua Syaithan, namun marodatus syayaathiin (Syaithan-Syaithan yang tergolong paling durhaka), sebagaimana disebutkan dalam riwayat yang lain.
3) Pada bulan Ramadhan, kemaksiatan menjadi berkurang dibandingkan pada bulan lain (tidak berarti hilang kemaksiatan seluruhnya).
4) Seandainya seluruh Syaithan telah dibelenggu, hal-hal yang menyebabkan adanya kemaksiatan masih ada, seperti: jiwa yang buruk, kebiasaan yang buruk, dan Syaithan dari kalangan manusia.
(disarikan dari nukilan Ibnu Hajar dalam Fathul Baari (4/114)
4โฃTiap malam pada bulan Ramadhan ada yang terlepas dari api neraka.
ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ุฃูููููู ููููููุฉู ู ููู ุฑูู ูุถูุงูู ุตููููุฏูุชู ุงูุดููููุงุทูููู ููู ูุฑูุฏูุฉู ุงููุฌูููู ููุบููููููุชู ุฃูุจูููุงุจู ุงููููุงุฑู ููููู ู ููููุชูุญู ู ูููููุง ุจูุงุจู ููููุชูุญูุชู ุฃูุจูููุงุจู ุงููุฌููููุฉู ููููู ู ููุบููููู ู ูููููุง ุจูุงุจู ููููุงุฏูู ู ูููุงุฏู ููุง ุจูุงุบููู ุงููุฎูููุฑู ุฃูููุจููู ููููุง ุจูุงุบููู ุงูุดููุฑูู ุฃูููุตูุฑู ููููููููู ุนูุชูููุงุกู ู ููู ุงููููุงุฑู ููุฐููููู ููู ููููู ููููููุฉู
Jika (masuk) malam pertama Ramadhan, Syaithan-syaithan dan yang paling durhaka dari Jin dibelenggu. Ditutup pintu-pintu neraka, dan tidak dibuka satupun. Dibuka pintu-pintu surga dan tidak ditutup satupun. Ada penyeru yang berseru: Wahai yang mengharapkan kebaikan, menghadaplah. Wahai yang menginginkan keburukan, tahanlah. Dan Allah memiliki orang-orang yang dikeluarkan dari neraka. Dan itu terjadi pada tiap malam (H.R atTirmidzi, Ibnu Majah, dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan al-Albany).
Inilah yang shahih. Itqun minan Naar terjadi pada tiap malam bulan Ramadhan. Sedangkan pembagian Ramadhan menjadi 10 hari pertama rahmat, 10 hari kedua maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir adalah itqun minan Naar adalah berdasar hadits yang tidak shahih. Dilemahkan oleh al-โUqoily dan al-Albany. Sesungguhnya pada tiap malam Ramadhan adalah penuh dengan rahmat, maghfirah, dan itqun minan naar. Wallaahu Aโlam.
(dinukil dari Buku โRamadhan Bertabur Berkahโ, Abu Utsman Kharisman)
💡💡📝📝💡💡
WA al-I’tishom