Asy-Syaikh Mushthafa Mabram hafizhahullah ta’ala berkata: “Aku akan menyebutkan sebuah faedah tentang jin. Aku pernah pada beberapa pelajaran dan berbicara tentang para sahabat Nabi. Aku sebutkan hal ini – sebagaimana yang mereka katakan – dalam rangka menarik perhatian dan kalau benar disebut juga sebagai penyemangat, yakni:

Aku pernah menyebutkan dan mengatakan bahwa:

“(Semoga Allah meridhai para shahabat seluruhnya, baik dari kalangan jin maupun manusia.) maka sebagian para penuntut ilmu meminta berhenti pada pembahasan ini.

(Aku katakan) Ini adalah ijma’ (konsensus atau kesepakatan para ulama) yang telah diputuskan bahwasanya di kalangan jin ada yang menjadi sahabat Nabi dan bahwasanya mereka juga memiliki hak sebagaimana hak para sahabat Nabi dari kalangan manusia.

Al-Hafizh Ibnu Hajar telah menyebutkan ijma’ tentang hal tersebut dalam awal kitab Fadhāil Ash-Shahābah pada jilid ke tujuh dari kitab Fathul Bāri, beliau telah menukilkan ijma’ tentangnya. Pendalilan dari sunnah telah menerangkan hal tersebut.

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah telah menyebutkan beberapa sahabat Nabi – dari kalangan jin – dengan nama-nama mereka tatkala menafsirkan surat Al-Ahqaf, beliau menyebutkan: “Syashir” dan “Nashir” dan beberapa jin yang telah beliau sebutkan dengan nama-nama mereka. Di samping itu, selain beliau juga ada (ulama) yang telah menyebutkan nama-nama mereka radhiyallahu ‘anhum.

Oleh karena itu, bagi mereka hak (sahabat Nabi) ini.” [Syarah Kitabut Tauhid]

Sumber : Channel Telegram Asy-Syaikh Mushthafa Mabram hafizhahullah ta’ala

Telegram.me/fawaidmbrm

https://t.me/fawaidmbrm/938


هل يُوجد صحابة من الجنِّ ؟

قال الشيخ مُصطفى مبرم حفظه الله تعالى :

” سأذكر فائدة عن الجنِّ، كنتُ في بعض الدُّروس أتكلَّم عن الصَّحابة وأذكر من باب -كما يقولون- من باب شد الاِنتباه وإن صحَّ التَّعبير الإثارة :

كنتُ أذكر وأقول: (رضي الله عن الصَّحابة كلِّهم إنسهم وجنِّهم)؛ فاستوقف بعض الطَّلبة هذا الموضع.

◾️وهذا إجماعٌ منعقدٌ على أنَّ الجن فيهم صحابة وأنَّ لهم من الحقوق ما للصَّحابة من الإنس.

▫️وهذا حكى الإجماع عليه الحافظ ابن حجر في أوَّل كتاب “فضائل الصحابة” في الجزء السَّابع من “فتح الباري”، حكى عليه الإجماع.

ودلالة السُّنَّة قائمة على ذلك، وذكر الحافظ ابن كثير جماعة من الصَّحابة -من الجنِّ- بأسمائهم عند تفسيره لسورة الأحقاف، ذكر: (شاصر وناصر) وجماعة ذكرهم بأسمائهم، وذكرهم غيره رضي الله عنهم؛ فلهم هذا الحقّ.

《شرح كتاب التَّوحيد 》

🌐 *المصدر : قناة الشيخ مصطفى مبرم حفظه الله تعالى على تليجرام :*

Telegram.me/fawaidmbrm

https://t.me/fawaidmbrm/938

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com

📳 Menyajikan artikel Faidah ilmiah

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.