Kisah Ummu Amir: Air Susu Dibalas Dengan Air Tuba

๐Ÿฅ›๐Ÿฏ *AIR SUSU DIBALAS DENGAN AIR TUBA*

========================

ูˆู…ู† ูŠุตู†ุน ุงู„ู…ุนุฑูˆู ููŠ ุบูŠุฑ ุฃู‡ู„ู‡ *** ูŠู„ุงู‚ูŠ ุงู„ุฐูŠ ู„ุงู‚ู‰ ู…ุฌูŠุฑ ุฃู… ุนุงู…ุฑ

ุฎุฑุฌ ู‚ูˆู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุตูŠุฏ ููŠ ูŠูˆู… ุญุงุฑ ูุจูŠู†ู…ุง ู‡ู… ูƒุฐู„ูƒ ุฅุฐ ุนุฑุถุช ู„ู‡ู… ( ุฃู… ุนุงู…ุฑ ) ูˆู‡ูŠ ุงู„ุถุจุน ูุทุฑุฏูˆู‡ุง ูุงุชุจุนูˆู‡ุง ุญุชู‰ ุฃู„ุฌุฃูˆู‡ุง ุฅู„ู‰ ุฎุจุงุก ุฃุนุฑุงุจูŠ ูู‚ุงู„: ู…ุง ุดุฃู†ูƒู…ุŸ ู‚ุงู„ูˆุง: ุตูŠุฏู†ุง. ูˆุทุฑูŠุฏุชู†ุง. ู‚ุงู„: ูƒู„ุง ูˆุงู„ุฐูŠ ู†ูุณูŠ ุจูŠุฏู‡ ู„ุง ุชุตู„ูˆู† ุฅู„ูŠู‡ุง ู…ุง ุซุจุช ู‚ุงุฆู… ุณูŠููŠ ุจูŠุฏูŠ ( ู„ุฃู†ู‡ุง ุงุณุชุฌุงุฑุช ุจู‡ ). ู‚ุงู„: ูุฑุฌุนูˆุง ูˆุชุฑูƒูˆู‡ , ูู‚ุงู… ุฅู„ู‰ ู„ู‚ุญุฉ ูุญู„ุจู‡ุง ูˆู‚ุฑุจ ุฅู„ูŠู‡ุง ุฐู„ูƒุŒ ูˆู‚ุฑุจ ุฅู„ูŠู‡ุง ู…ุงุก ูุฃู‚ุจู„ุช ู…ุฑุฉ ุชู„ุบ ู…ู† ู‡ุฐุง ูˆู…ุฑุฉ ุชู„ุบ ู…ู† ู‡ุฐุง ุญุชู‰ ุนุงุดุช ูˆุงุณุชุฑุงุญุช ูุจูŠู†ู…ุง ุงู„ุฃุนุฑุงุจูŠ ู†ุงุฆู… ููŠ ุฌูˆู ุจูŠุชู‡ุŒ ุฅุฐ ูˆุซุจุช ุนู„ูŠู‡ , ูุจู‚ุฑุช ุจุทู†ู‡ , ูˆุดุฑุจุช ุฏู…ู‡ , ูˆุฃูƒู„ุช ุญุดูˆุชู‡, ูˆุชุฑูƒุชู‡ ูุฌุงุก ุงุจู† ุนู… ู„ู‡ ููˆุฌุฏู‡ ุนู„ู‰ ุชู„ูƒ ุงู„ุตูˆุฑุฉ ูุงู„ุชูุช ุฅู„ู‰ ู…ูˆุถุน ุงู„ุถุจุน ูู„ู… ูŠุฑู‡ุง ูู‚ุงู„: ุตุงุญุจุชูŠ ูˆุงู„ู„ู‡: ูˆุฃุฎุฐ ุณูŠูู‡ ูˆูƒู†ุงู†ุชู‡ ูˆุงุชุจุนู‡ุง ูู„ู… ูŠุฒู„ ุญุชู‰ ุฃุฏุฑูƒู‡ุง ูู‚ุชู„ู‡ุง ูˆุฃู†ุดุฃ ูŠู‚ูˆู„:
ูˆู…ู† ูŠุตู†ุน ุงู„ู…ุนุฑูˆู ููŠ ุบูŠุฑ ุฃู‡ู„ู‡ *** ูŠู€ู„ุงู‚ูŠ ู…ู€ุง ู„ุงู‚ู‰ ู…ุฌูŠุฑ ุฃู… ุนุงู…ุฑ
ุฃุฏุงู… ู„ู€ู‡ุง ุญูŠู† ุงุณุชุฌู€ุงุฑุช ุจู‚ุฑุจู‡ ***ู‚ู€ุฑุงู‡ุง ู…ู€ู† ุงู„ุจุงู† ุงู„ู„ู‚ุงุญ ุงู„ุบุฒุงุฆุฑ
ูˆุฃุดุจุนู‡ู€ู€ุง ุญุชู‰ ุฅุฐุง ู…ุง ุชู…ู„ุฃุช *** ูุฑุชู‡ ุจู€ู€ู€ุฃู†ูŠุงุจ ู„ู‡ู€ู€ุง ูˆุฃุธุงูุฑ
ูู‚ู„ ู„ุฐูˆูŠ ุงู„ู…ุนุฑูˆู ู‡ุฐุง ุฌุฒุงุก ู…ู† ุบุฏุงู‹ ***ูŠุตู†ุน ุงู„ู…ุนุฑูˆู ู…ุน ุบูŠุฑ ุดุงูƒุฑ
( ุดุนุจ ุงู„ุงูŠู…ุงู† ู„ู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ )

๐Ÿฅ›๐Ÿฏ *Air Susu Dibalas Dengan Air Tuba*

๐Ÿ”ธSiapa yang berbuat baik kepada orang yang tidak pantas untuk diberi kebaikan

๐Ÿ”ธNiscaya dia akan mendapatkan balasan seperti yang didapatkan oleh Si Penolong Ummu Amir.

๐Ÿ”†Sekelompok orang pergi berburu di siang yang terik, ketika mereka sedang berjalan tiba-tiba Ummu Amir (Panggilan untuk Dubuk/Hyena, sejenis binatang buas yang suka memakan bangkai) melintasi mereka, kemudian mereka menghalau dan mengejarnya sehingga berhasil memojokkannya ke sebuah tenda milik seorang Arab Badui. Kemudian Si Badui berkata,”Apa keperluan kalian (ke sini).! Mereka menjawab,”Kami sedang berburu, dan ini buruan kami lari (ke tendamu).” Si Badui berkata,” Tidak!, demi Dzat yang jiwaku ditangan-Nya, kalian tidak akan dapat menangkapnya selama pedangku terhunus di tanganku (karena ia telah berlindung kepadaku).

๐Ÿ“ฆ (Pembawa kisah) berkata,” Akhirnya sekelompok pemburu tadi kembali dan membiarkan buruan tadi. Kemudian Si Badui bangkit menuju seekor unta betina yang deras air susunya dan memerahnya kemudian mendekatkan perahan susu itu dan air minum kepadanya. Kemudian Si Dubuk mendekatinya; terkadang ia meminum (perahan susu) dari bejana ini dan terkadang meminum (air) dari bejana itu, sehingga ia bertahan hidup dan merasa nyaman. Di saat Si Badui tertidur lelap di dalam rumahnya, tiba-tiba Si Dubuk meloncat kepadanya dan mencabik-cabik perutnya kemudian menghirup darahnya dan melahap ususnya kemudian pergi meninggalkannya. Kemudian datanglah sepupu laki-lakinya (dari bapak), sekonyong-konyong dia mendapatinya dalam keadaan seperti itu, kemudian dia menoleh ke tempat berdiamnya Si Dubuk dan dia tidak melihatnya, kemudian dia berkata,”Wahai temanku (Dubuk) demi Allah (aku akan membunuhmu), kemudian dia mengambil pedang dan kantong anak panahnya mencari dan terus mencari Si Dubuk sehingga mendapatkannya dan membunuhnya. Kemudian dia melantunkan,

” Siapa yang berbuat baik kepada (orang) yang tidak patut diberi kebaikan niscaya dia akan mendapatkan balasan seperti yang didapatkan oleh Si Penyalamat Ummu Amir.”

“Dia terus menerus memberikan jamuan makan kepada Ummu Amir dari air susu untanya yang deras dan membuatnya kenyang ketika Ummu Amir berlindung mendekat kepadanya .”

“Sehingga ketika telah kenyang ia tetap menerkamnya dengan gigi gigi taring dan cakar cakarnya.”

“Maka sampaikanlah kepada orang-orang yang gemar berbuat kebaikan,” Inilah balasan yang diterima oleh orang yang gemar berbuat kebaikan dari (orang) yang tidak pandai mensyukuri kebaikan.”

๐Ÿ“‹ *Sumber: (Syu’abul Iman: Al Baihaqi)*

โœ๐Ÿป *_tim SC๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ_*

โ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ช
๐ŸŒ *WhatsApp Salafy Cirebon*
๐Ÿ“ฒ *Gabung di Channel Telegram :*
http://t.me/salafy_cirebon

โœ๐Ÿป *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiyah_*

โ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ปโ—ป

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.