Antusiasme Berbagai Pondok Pesantren Dalam Program Peduli Bencana

Musibah gempa dan tsunami yang melanda Lombok dan Sulteng membangkitkan solidaritas kaum muslimin. Mereka tergerak untuk membantu dan menolong saudara mereka di lokasi terdampak bencana. Atas nama panggilan agama dan kemanusiaan mereka berbuat.

๐ŸŒ Persiapkan Relawan Santri, Medis dan Ikhwan Serbaguna

Asatidzah pondok pesantren ahlussunnah di Indonesia bergerak cepat. Zonasi per daerah telah ditetapkan. Koordinasi per zona ada di tiap pondok pesantren setempat.

Ma’had Dhiya’us Sunnah masuk Zona Tiga. Zona ini menaungi wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan Purwakarta.

Malam Sabtu (5/10), ikhwan salafiyyin Cirebon bersama perwakilan tim medis (KKM Kiswah), dan pengurus pondok, mengadakan rapat umum. Bertempat di kantor pondok.

Pertemuan semacam ini penting. Selain mempererat silaturahmi. Juga menyamakan persepsi, terkait apa yang perlu dilakukan di lokasi bencana. Rapat di bawah arahan koordinator nasional program Peduli Bencana.

๐Ÿš‘ Paket Medis

Info dari rekan KKM Kiswah, tim medis akan bertugas di lapangan dengan durasi dua pekan. Tim tersebut terdiri dari dokter, perawat dan terapis. Satu paket. Tim di bawah koordinasi KKM Kiswah pusat. Pergiliran personel tim medis yang siap berangkat diatur oleh KKM Kiswah pusat. Diharapkan kehadiran tim medis di lokasi bencana tidak terputus. Bergantian terus ada dan mendampingi relawan santri dan ikhwan serbaguna yang juga sama-sama di lapangan.

๐Ÿ“š Santri Cirebon Siap Berpartisipasi

Kehadiran santri dewasa di lokasi bencana juga hal penting. Sebagai calon da’i, para santri mampu memberi sentuhan ruhani. Sekaligus mengajarkan pengetahuan agama yang dimiliki. Kepada warga korban bencana dan anak-anaknya.

Info kesantrian Ma’had Dhiya’us Sunnah. Sudah 25 santri dewasa tingkat Tadribut Duat (TD) mendaftar. Siap diberangkatkan ke medan juang. Tentu akan ada seleksi. Tak lupa ajuan permohonan izin ke orang tua.

Sementara rekrutmen bagi ikhwan umum diutamakan mereka yang memiliki pengalaman bertugas di daerah bencana. Misal, seperti eks relawan Aceh. Atau mereka yang memiliki kemampuan khusus. Seperti pertukangan; bangunan, sarana MCK, penyaluran air bersih. Juga yang mengerti kelistrikan. Atau menyiapkan tenaga guna berbagai hal yang diperlukan. Ini juga jadi poin tim seleksi.

Semoga ikhtiar awal ini menjadi modal langkah selanjutnya. Sinergis bersama santri dan ikhwan dari daerah lainnya. Saling menyokong guna meringankan beban korban bencana.

๐ŸŒ Ikuti update informasi dan programnya melalui:

โœ… Channel Telegram:
https://t.me/pedulibencana

โœ… Official Website:
https://pedulibencana.com

โœ… Twitter:
@lombok_peduli
@PeduliSulteng

โœ… Email:
pedulibencana2018@gmail.com

โœ… Contact Person:
โ–ช+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
โ–ช+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
โ–ช+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
โ–ช+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulisulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.